Banjarmasin Kota Sungai, Venesea Terkenal Transportasi Air

 Opini

[huge_it_slider id=”1″]

SuaraBorneo.com, Banjarmasin – Kota Banjarmasin Provinsi Kalimantan Selatan yang identik berkarakteristik dengan dialiri ratusan sungai membelah kota sampai masuk kampung, merupakan daya tarik tersendiri. Zaman dulu merupakan jalur transportasi perdagangan, sekarang banyak yang tertutup oleh kepadatan penduduk, memang sekarang pemerintah Kota Banjarmasin dan dibantu pemerintah pusat melakukan pembenahan mengembalikan fungsi sungai seperti dulu, walaupun mengeluarkan banyak dana untuk mengganti rugi bangunan rumah yang berada dipinggiran sungai untuk memperindah, memperluas sungai seperti dulu kala.

 

Film The Tourist yang lokasi pembuatan di kota Venesia Italia merupakan kota kanal yang terkenal dengan transportasi air, memang sangai indah, transportasi menggunakan speedboat, menghibur para wisatawan di atas perahu, jembatannya sangat indah, hotel di bantaran sungai menjadi tempat pembuatan film Hollywood yang dibintangi Angelina Jolie dan Johnny Deep, saya membayangkan kalau kota Banjarmasin seperti itu, dapat mendatangkan banyak wisatawan asing maupun lokal, menjadi tempat shooting film Hollywood.

 

Memang pinggiran sungai yang didirikan rumah oleh penduduk sangat kumuh, buang sampah sembarangan dipinggir sungai, dulu tidak ada perhatian dari pemerintah untuk mengelolanya, sibuk dengan kepentingan masing-masing, apalagi kota Banjarmasin sekarang berjuluk “Kota Seribu Sungai”, sekarang sudah mulai pemerintah melakukan pembenahan untuk memperindah sungai, membangun siring, taman, menara pandang, maskot bekantan dan lampu hias, menjadikan tempat wisata sisir sungai. (Ad)

Related Posts

Tinggalkan Balasan