Fantastik, Pergelaran MTQ Ke-30 Prov. Kalsel, Di Siring Sungai Martapura

 Umum

suaraborneo.com, Banjarmasin – Pergelaran Musabaqah Tilawatil Qu’ran (MTQ) ke 30 Provinsi Kalimantan Selatan akan segera dimulai. Model pelaksanaan MTQ kali ini memang berbeda dari tahun sebelumnya. Karena acara pergelaran tersebut di pesisir Sungai Martapura, Jum’at (3/11/2017) beralamat di jalan Pierre Tendean Banjarmasin. Disamping pesisir tempat perlombaan dan nantinya akan ada panggung yang dibuat di atas tongkang.

Selain perlombaan MTQ juga disediakan Bazar MTQ peserta dalam melihat atau membeli kerajinan dari Kalsel serta para peserta, juri dan penonton bisa langsung menyaksikan dan naik ke atas tongkang untuk melihat pagelaran Islam ini yang memakan biaya Milyaran Rupiah ini. MTQ sendiri akan dilakukan selama tujuh hari sejak 3 November hingga 9 November 2017. Sekitar 1020 total peserta atau kafilah yang akan berpartisipasi dalam pelaksanaan MTQ. Mereka terbagi atas tujuh cabang lomba yang juga terbagi lagi menjadi beberapa sub lomba.

Memang sengaja diadakan di atas sungai agar memunculkan kearifan lokal Kalsel yang dikenal sebagai kota seribu sungai. Selain itu diharapkan dengan diadakan di ibu kota provinsi dapat memerbanyak antusias masyarakat untuk menonton dan menjadi peserta. “Masing-masing kota, kafilah dan qoriah bisa mengikuti dengan sebaik-baiknya dengan semangat fair play, karena yang dilombakan adalah ayat-ayat suci Al quran harus menjaga kesakralan lomba, jangan hanya mengejar sesuatu dengan menghilangkan makna kesakralan nilai-nilai dari ayat suci itu,” kata H Abdul Haris Ketua LPTQ Kalsel. (Ad)

Related Posts

Tinggalkan Balasan