Peringatan Hari Pahlawan, Gubernur Kalsel

 Umum

SuaraBorneo.com, Banjarmasin – Peringatan Hari Pahlawan jatuh pada tanggal 10 November, dilaksanakan apel upacara dimulai jam 08.00 Wita di pimpinan langsung H Sahbirin Noor Gubernur Kalimantan Selatan, Jum’at (10/11/2017), bertempat di kantor Gubernuran jalan Jenderal Sudirman Banjarmasin.

Setelah upacara, H Sahbirin Noor, anggota Paskibra  serta para pejabat rehat sebentar makan-makan bersama digedung sarana sanggam, juga dhadiri para rekan wartawan dan LSM.

“Kita harus mengingat kembali pada sejarah kemerdekaan bukan dari hadiah pemberian dari Jepang, Belanda melainkan titisan air mata dan darah, memang musuh kita pada jaman dulu Jepang, Belanda tapi hari ini kita memerangi kemiskinan, kebodohan dan kelatar belakangan, tetapi menciptakan masyarakat adil, sejahtera, saling gotong royong, dan bantu membantu, kata Sahbirin

Selain itu, menghargai menghormati orang tua, kita juga harus menghormati para pejuang kita yang merupakan para pendiri negeri ini, katanya.

Pertempuran berawal di Surabaya yang terjadi pada tahun 1945. Peperangan besar-besaran antara tentara dan milisi Indonesia yang pro kemerderkaan melawan tentara Britania Raya dan Belanda. Pertempuran Surabaya jadi perang pertama pasukan Indonesia dengan pasukan asing setelah Proklamasi Kemerdekaan Indonesia.

Banyak pahlawan nasional kita, di antaranya yang berasal dari Kalimantan Selatan KH Idham Chalid, dalam masa perjuangan beliau tidak hanya aktif berjuang di badan-badan perjuangan, tetapi juga tercatat pernah bergabung di Sentral Organisasi Pemberontak Indonesia Kalimantan yang dikomandoi oleh murid beliau, Brigjen H Hasan Basry pada tahun 1947 melawan invasi tentara Belanda dan Pangeran Antasari yang gigih melawan pasukan Belanda. (M.Ad)

Related Posts

Tinggalkan Balasan