Kampanye Cegah Kebakaran Hutan dan Lahan

Untitled-1

SuaraBorneo.com, Tapin – Balai PPIKHL wilayah Kalimantan mengajak warga Kalimantan Selatan bersama-sama mencegah kebakaran hutan dan lahan melalui kampanye pencegahan kebakaran hutan dan lahan, Sabtu (18/11/2017) kemarin, berkolaborasi dengan PemKab Kab Tapin, BPBD Kab. Tapin, BPBD Prov. Kalsel, TNI dan Polri, menyelenggarakan Kampanye Pencegahan Kebakaran Hutan dan Lahan di Provinsi Kalimantan Selatan.  Kegiatan ini dilaksanakan di Desa Pematang Karang Hulu Kecamatan Tapin Tengah Kabupaten Tapin Provinsi Kalimantan Selatan. Sumber dari Ditjen PPI KemenLHK RI.

Lokasi kampanye dipilih Kabupaten Tapin, dikarenakan Kab. Tapin merupakan salah satu kabupaten rawan kejadian kebakaran hutan dan lahan. Acara ini diikuti oleh masyarakat dari 17 desa di Kabupaten Tapin, Bapara (Barisan Pemadam Tapin), Karang Taruna,  beberapa Instansi Pemerintah Daerah.  Dalam sambutan Sekda Kab. Tapin, H. Rahmadi, memperingatkan warga untuk jangan mencoba membakar hutan dan lahan karena akan mendapat sanksi hukum dan berdosa menurut agama.

Sedangkan Kepala Balai PPIKHL Wilayah Kalimantan, Johny Santoso,S.Hut,M.Agr menyampaikan  dampak buruk kejadian kebakaran hutan dan lahan, serta mengajak warga masyarakat untuk bersama-sama turut serta dalam kegiatan pencegahan kebakaran hutan dan lahan.

Untuk menarik perhatian dan menghibur warga, menghadirkan John Tralala yang merupakan pelawak, budayawan dan seniman  madihin (kesenian puisi lokal masyarakat Suku Banjar) kondang dari Banjarmasin.  Diharapkan penyampaian pesan tentang pencegahan kebakaran hutan dan lahan melalui kesenian lokal warga Kalimantan Selatan ini akan lebih mudah diterima oleh masyarakat dan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya pencegahan kebakaran hutan dan lahan. (Ad-Bjm/PPI)

Check Also

Menyerap Aspirasi Masyarakat Anggota DPRD Banjarbaru H.AR. Iwansyah di Kecamatan Landasan Ulin

BANJARBARU – Reses atau Masa Reses adalah masa di mana Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.