Banjir Rob Melanda Beberapa Wilayah di Kotabaru

 Daerah, Umum

image

SuaraBorneo.com, KOTABARU – Musim penghujan sudah mulai pada bulan ini, beberapa bagian di landa pasang air laut, Senin malam (4/12). Wilayah itu yakni di sekitar pasar kemakmuran, sebagian Siring Laut, dan bila dataran rendah akan kena dampak nya akibat pasang air laut (banjir rob).

Banjir rob disebabkan pasang air laut yang biasa terjadi pada musim pancaroba atau peralihan musim angin Timur menjadi angin Barat, ketinggian air akibat banjir rob ini bisa mencapai 20 – 30 cm.

Banjir rob merupakan banjir yang airnya berasal dari air laut. Banjir rob ini adalah banjir yang diakibatkan oleh pasangnya air laut, hingga air yang pasang tersebut menggenangi daratan. banjir rob ini juga dikenal sebagai banjir genangan. Banjir rob ini akan sering melanda atau sering terjadi di daerah yang permukaannya lebih rendah daripada permukaan air laut. Karena disebabkan oleh meluapnya air laut yang sampai ke daratan, maka air yang menggenangi karena banjir rob ini mempunyai warna yang cenderung lebih jernih daripada air yang pada banjir- banjir biasanya. (AB-Ktb)

Related Posts

Tinggalkan Balasan