Stop, Diskriminasi Dalam Kehidupan Sosial Ekonomi

image

SuaraBorneo.com – Di dalam kehidupan mempunyai dua aspek yang berbeda. Walau berbeda manusia d iciptakan agar melengkapi satu sama lain. Namun, kalau bicara soal tingkat ekonomi, pastilah ada perbedaan antara si kaya dan si miskin yang sering kali terjadi diskriminasi dalam kehidupan bersosial.

Orang lain yang kaya harus di hormati, kalau perlu di akui. Namun jika kekayaannya itu di peroleh dengan cara yang haram, mencuri, korupsi, kolusi, dan semacamnya, itu bukan kekayaan yang ada tapi keserakahan dengan cara haram dan melanggar hukum. Ini yang harus di tegakkan keadilan dan ketertiban umum. Meskipun kekayaan di peroleh dengan cara yang halal, namun harus di tekankan untuk menjadi manusia yang gemar berdarma dan beramal shaleh. Hal terpenting antara si kaya dan miskin jangan terlalu di bedakan dalam kehidupan sehari, baik golongan atau dalam ruang lingkup keluarga.

Perilaku diskriminasi merupakan sifat tercela yang harus dihapuskan dari dalam diri kita. Diskriminasi dalam bahasa inggris memiliki arti perbedaan perlakuan . Dalam bahasa arab diskriminasi disebut dengan tafriq .

Sedangkan pengertian diskriminasi dalam bahasa indonesia berarti pembatasan , pengucilan dan pelecehan yang didasarkan pada perbedaan manusia karena alasan agama, suku, bahasa dan yang lainnya baik yang dilakukan secara langsung ataupun dengan perantara atau tidak langsung

Islam sangat melarang diskriminasi , karena hal tersebut merupakan sifat tercela yang sangat membahayakan. Dihadapan Allah swt , semua makhluk itu sama , siapapun , dari manapun , dan warna kulit apapun . Alah swt hanya membedakan manusia dengan kualitas ketakwaannya . 

Allah swt berfirman dalam QS. Al- Hujurat ayat 13 :

Artinya : “Hai manusia, sesungguhnya Kami menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan dan menjadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku supaya kami saling kenal mengenal. Sesungguhnya orang yang paling mulia di antara kamu di sisi Allah ialah orang yang paling bertaqwa di antara kamu. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal.”

Sebagai umat Islam kita sudah mengetahui, bahwa kita di ciptakan antara laki-laki dan perempuan untuk saling kenal mengenal, bukan sombong menyombongkan diri. (Ad-Bjm)

424 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Check Also

Mulawarman Peduli, Babinsa Koramil 1003-04/Kdg Latih PBB Siswa Siswi SMPN 1 Kandangan

KANDANGAN, SuaraBorneo – Guna menanamkan kedisiplinlan kepada para siswa siswi SMP Negeri 1 kandangan. Sabtu …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.