Tradisi Ba’ayun Maulid di Mesjid Sultan Suriansyah Banjarmasin

 Umum, Wisata & Budaya

image

SuaraBorneo.com, BANJARMASIN – Salah satu tradisi dalam memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW atau Kelahiran beliau di Banjarmasin provinsi Kalimantan Selatan, mengadakan Ba’ayun Maulid, Minggu (10/12), acara berlangsung di salah satu mesjid sejarah pada masa kerajaan Banjar yaitu Mesjid Sultan Suriansyah beralamat jalan Kuin Utara kecamatan Banjarmasin Utara kota Banjarmasin.

Mantan Walikota Banjarmasin H. Muhidin, ketua DPW PAN provinsi Kalimantan Selatan, juga sebagai Ketua Umum Pengurus Mesjid Sultan Suriansyah, dalam acara tersebut beliau bersama dengan istri, anak, menantu dan cucu, di dampingi anggota DPRD provinsi Kalsel Suripno, Kepala Bappeda Kalsel Fajar Desira.

 

Sebelum pelaksaan acara, terlebih dahulu di adakan do’a bersama, dan untuk memeriahkan acara ba’ayun Maulid tersebut, di adakan undian berupa hadiah seperti sepeda, sepeda motor dan lebih beruntung mendapatkan hadiah utama menunaikan ibadah Umroh, sekitar 1.070 orang warga mengikuti acara tersebut, sudah menjadi tradisi di kota Banjarmasin khususnya warga Banjar, dan seluruh wilayah kabupaten di Kalsel.

 

Ba’ayun Maulid, demikian nama tradisi setiap tahunnya dilakukan tiap tanggal 12 Rabiul Awal dan sudah di langsungkan masyarakat Banjar sejak jaman dulu pada era Kerajaan Banjar provinsi Kalimantan Selatan. (Ad/Bn-Bjm)

Related Posts

Tinggalkan Balasan