Serah Terima Jabatan Komandan Lanal Banjarmasin 2017

 Polkam, Umum

image

SuaraBorneo.com, BANJARMASIN – Serah terima jabatan Komandan Lanal Banjarmasin, dari Kolonel Laut (P) Oky I.Z. Dipura, S.H., M.PA., kepada Letkol Laut (P) Wijayanto, S.E., Selasa (12/12), berlangsung di gedung Graha Abdi Persada di samping ex kantor Gubernur Kalsel jalan Jendral Sudirman Banjarmasin.

Selain penyerahan jabatan komandan di hadiri gubernur Kalsel H. Sahbirin Noor, Bupati Hulu Sungai Utara Drs. H. Abdul Wahid, HK., M.M., M.Si., serta kepala-kepala Dinas provinsi Kalsel.

Tugas dan fungsinya Lanal basis Banjarmasin memiliki mendukung satuan operasional, unsur operasi di wilayah fungsi pangkalan harus mampu ikut serta mendukung pemerintah daerah dalam pembangunan Nasional.

Secara geografi Lanal Banjarmasin berhadap langsung dengan laut Jawa, di sisinya mengatur lintas komunikasi, perdagangan demikian ramai, elegal aktivitas fisik masih banyak di perairan sudah menjadi tugas Lanal Banjarmasin untuk mampu menjaga keamanan wilayah kerjanya.

Kekuatan TNI Angkatan Laut tidak hanya terpusat di satu tempat, tetapi tersebar di beberapa wilayah Indonesia. Di tempat tersebut berdiri Pangkalan Utama Angkatan Laut atau LANTAMAL. Lantamal di Indonesia hingga sekarang berjumlah 11 Lantamal. Wilayah Banjarmasin sendiri berada di Armada RI Timur, Pangkalan Utama TNI AL XIII (Lantamal XIII) di Tarakan, membawahi Pangkalan Angkatan Laut Nunukan, Sangata, Balikpapan, Kotabaru, dan Banjarmasin.

Di bawah Lantamal terdapat beberapa Pangkalan Angkatan Laut atau LANAL yang berada di daerah wilayah Lantamal tersebut seperti contohnya di Banjarmasin terdapat Lanal Banjarmasin. Pangkalan TNI Angkatan Laut (LANAL) Banjarmasin terletak di Jalan Ahmad Yani km 3,5 Banjarmasin, bersebelahan dengan kantor Poltabes Banjarmasin. Lanal Banjarmasin di komandani oleh Letkol Laut (P) Wijayanto, S.E. yang baru di lantik. (Ad-Bjm)

Related Posts

Tinggalkan Balasan