Penutupan Pelatihan Alih Golongan Bintara ke Perwira Polri 2017

 Polkam, Umum

image

Suaraborneo.com, BANJARBARU – Lembaga Pendidikan dan Pelatihan Polri dalam upacara Penutupan dan Prasetya Perwira Polri Lulusan Pendidikan Alih Golongan dari Bintara ke Perwira Polri tahun 2017, resmi di tutup oleh Kapolda Kalimantan Selatan Brigjen Pol Drs. Rachmat Mulyana, Kamis (21/12) di SPN Banjarbaru, pemberian hormat kepada para pejabat utama Mabes Polri dan Lendiklat Polri, Kasetukpa Lemdiklat Polri beserta staf, para KA sekolah dan Kapusdik Lemdiklat Polri, para KA SPN Polda beserta tenaga pendidik maupun tenaga kependidikan di lingkungan SPN, para Perwira, Bintara, Tamtama, aparatur Sipil Negara, dan para tamu undangan.

Pada penutupan pendidikan ini Kapolda Kalimantan Selatan Brigjen Pol Drs. Rachmat Mulyana membacakan amanat Kepala Lembaga Pendidikan dan Pelatihan Polri Komjen Pol Drs. Unggung Cahyono mengucapkan selamat kepada seluruh peserta didik atas keberhasilan menjadi peserta didik pada program pendidikan alih golongan dari Bintara ke Perwira Polri 2017.

“Upacara Prasetya Perwira Polri hari ini, merupakan momentum penting, sebagai puncak kegiatan  menandai berakhirnya seluruh program   pendidikan dan  latihan alih golongan dari bintara ke perwira polri yang  berlangsung   selama   satu     bulan, melalui pelantikan ini, maka secara kuantitas,   polri   telah    berhasil   menambah jumlah    perwira baru   sebanyak 2998  orang,  nantinya akan  menjadi  perkuatan  untuk mengemban  tugas   pada   berbagai   fungsi   staf maupun operasional, sesuai bidang dan keahliannya masing-masing  di  markas  besar maupun   di   seluruh   jajaran   kewilayahan.

“Saya   percaya, dibalik   capaian   prestasi membanggakan ini, terdapat banyak kisah perjuangan, disiplin, kerja keras sertabentuk pengorbanan lain  sebagai  konsekuensi pendidikan yang harus saudara  hadapi.  Melalui ketangguhan, dan kesediaan melewati rintangan tersebut, dengan tetap menjaga semangat juang selama proses pendidikan berlangsung, akhirnya menghantarkan  saudara menjadi Perwira Polri yang dilantik   pada hari  ini.

“Program pendidikan dan pelatihan  yang telah diberikan  kepada para perwira ini, merupakan tahapan dan aspek penting, sebagai upaya  meningkatkan  kualitas  sumber daya manusia polri yang  promoter dan siap    terjun di lapangan.

“Penyiapan   para Perwira Polri yang promoter  sebagaimana telah   saya  sampaikan di atas, sangatlah penting,  karena dewasa ini, kita sedang   dihadapkan pada berbagai dinamika  tantangan  tugas  yang semakin berat, seiring dengan perkembangan masyarakat yang sangat cepat dan dinamis dan khususnya dalam menghadapi pemilihan legislatif tahun 2018 dan pesta demokrasi rakyat indonesia yaitu pemilihan Presiden tahun 2019.”

“Sedangkan di bidang kriminalitas, di samping berbagai   bentuk  kejahatan   konvensional, saat ini kita masih di hadapkan  pada potensi ancaman  teror,  kejahatan terorganisir, aksi kriminalitas kelompok bersenjata, jaringan klandestine narkoba dengan segala metoda dan modus operandi  barunya,   serta berbagai tuntutan publik yang menghendaki langkah nyata polri dalam      pemberantasan tindak pidana  korupsi.”

“Di bidang sosial masyarakat, kita juga dihadapkan pada berbagai potensi konflik sosial dan anarkhis massa akibat adanya sengketa tambang,   perebutan lahan perkebunan, isu sara   yang  seringkali  disertai tindakan      kekerasan dan mengakibatkan jatuhnya korban jiwa. Belum lagi permasalahan internal, masih di temukan adanya beberapa oknum  anggota yang melakukan berbagai bentuk pelanggaran, yang dapat menodai kepercayaan publik terhadap Polri.”

Di akhiri, “Mengucapkan selamat kepada seluruh Perwira yang baru saja dilantik, atas keberhasilan saudara mengikuti dan menyelesaikan program pendidikan ini.”

“Pada kesempatan ini, saya juga memberikan penghargaan dan apresiasi yang sebesar besarnya  kepada  KA  Setukpa Lemdiklat Polri, KA SPN jajaran Lemdiklat Polri semua pendidik dan tenaga kependidikan  para instruktur, pengasuh dan seluruh jajaran yang  dengan  penuh dedikasi telah mencurahkan segenap tenaga dan pikirannya.”

“Sehingga  program pendidikan  alih golongan dari bintara ke Perwira Polri program satu bulan pada tahun ini dapat terlaksana dengan baik,” kata Kapolda Kalimantan Selatan Brigjen Pol Drs. Rachmat Mulyana. Upacara ini turut dihadiri para Pejabat Utama Polda Kalimantan Selatan serta Bhayangkari. (Ad/Hum-Polda-Kalsel),”

Related Posts