Waspadai Cuaca Ekstrem di Penghujung Tahun 2017 HSS

 Daerah, Umum

image

SuaraBorneo.com, KANDANGAN – Di penghujung tahun 2017, cuaca ekstrim yang masih mungkin terjadi harus terus di waspadai, termasuk di Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS). Musibah banjir, angin puting beliung dan tanah longsor yang pernah terjadi di Bumi Antaluddin menjadikan warga HSS selalu waspada dan berhati-hati.

“Bila ada hujan deras dan angin kencang harus selalu waspada. Takutnya kalau puting beliung atau adanya banjir dari luapan Sungai Amandit,” kata Yana, warga Kandangan, Jumat (29/12). Dikatakannya, kondisi saat ini di wilayah komplek rumahnya sudah tidak banjir lagi. Meski hujan masih sering turun, namun kondisinya masih normal.

Sungai Amandit sampai saat ini kondisi air juga menunjukkan arus yang normal dan masih di bawah batas normal untuk kembali meluap. Kepala Badan Penanggulangan Bencana Kesatuan Bangsa dan Politik HSS Efran mengatakan kondisi cuaca di wilayah HSS masih dalam kategori normal.

Pihaknya mengingatkan kepada masyarakat HSS khususnya untuk kawasan yang rawan musibah banjir, longsor dan angin kencang agar selalu waspada serta berhati-hati.

“Kondisi cuaca di wilayah HSS saat ini masih normal. Semoga akan normal hingga pergantian tahun baru dan seterusnya cuaca tetap normal,” katanya.

Berdasarkan data dari BMKG pada hari Jum’at 29 Desember 2017, prakiraan cuaca untuk wilayah HSS akan terjadi hujan lokal. Namun dalam kondisi normal. “Kemungkinan untuk dua hari ke depan prakiraan cuaca tidak jauh berbeda dengan hari ini. Masih dalam katagori normal,” tambahnya. (Ad/IEB-Bjm)

Related Posts