Antusias Warga Banjarmasin Nonton Bareng Paman Birin Film Pangeran Antasari

image

SuaraBorneo,com, BANJARMASIN – Mengawali tahun 2018, Gubernur Kalsel H. Sahbirin Noor dan Walikota Banjarmasin H. Ibnu Sina, beserta para kepala SKPD lingkup Pemprov Kalsel, nonton bareng (Nonbar) fim Sejarah Perang Banjar, Pangeran Antasari di bioskop XXI duta Mall jalan A. Yani Km.2 kota Banjarmasin


Film berdurasi sekira dua jam itu berkisah tentang Pangeran Antasari dan prajurinya melakukan perlawan terhadap penjajah Belanda di Pengaron, kabupaten Banjar pada tanggal 25 April 1859, yang selanjutnya pecahlah perang hampir di seluruh wilayah Kalsel, dimana Pangeran Antasari bersama prajuritnya menyerang pos-pos-pos Belanda yang ada di Kota Martapura, Hulu Sungai, Riam Kanan, Kabupaten Tanah Laut, Kabupaten Tabalong, sepanjang Sungai Barito hingga ke Puruk Cahu.


Menurut Ibnu Sina, film Sejarah Perang Banjar ini perlu ditonton oleh para siswa seluruh sekolah, tak hanya di Kota Banjarmasin tetapi seluruh siswa sekolah di wilayah Pemprov Kalsel. Tujuannya, terangnya, agar para anak didik yang merupakan calon pemimpin daerah ini dapat mengetahui dan, memahami tentang sejarah yang benar perjuangan Pangeran Antasari. “Film ini sangat penting untuk didistribusikan ke sekolah-sekolah, sehingga para siswa paham tentang sejarah Perang Banjar, dan memiliki kebanggaan terhadap para pahlawan khususnya Pangeran Antasari,” ujarnya, (Senin (01/01).


Dikatakan Ibnu Sina lagi, dalam film tersebut ada dua pesan moral yang disampaikan Pangeran Antasari yakni Haram Manyarah Waja Sampai Kaputing dan jangan saling bermusuhan dengan sesama orang Banjar. “Dua pesan Pangeran Antasari yang harus diteladani anak muda saat ini, yakni Haram manyarah sampai kaputing. Itu merupakan spirit orang Banjar agar dalam melakukan pekerjaan harus sampai selesai, dan jangan bacakut papadaan,” ucapnya.


Film tersebut nantinya dapat ditonton oleh seluruh lapisan masyarakat secara gratis, sehingga masyarakat mengetahui tentang sejarah Perang Banjar.

 

Sementara itu, gubernur Kalsel H. Sahbirin Noor (paman Birin) yang menonton film tersebut di temani istrinya Hj. Raudatul Jannah Sahbirin Noor mengatakan, agar film tersebut dapat dilihat oleh seluruh masyarakat, Pemprov Kalsel akan merencanakan pemutaran film tersebut secara bergiliran ke 13 kabupaten kota di Kalsel. “Nanti akan kita laksanakan road show untuk pemutaran film ini. sehingga rakyat Kalsel lebih mencintai pahlawannya,” ujar Birin.(Ad/humpro-Bjm)

332 kali dilihat, 3 kali dilihat hari ini

Check Also

Peduli, Relawan PKS Kalteng Ikut Padamkan Kebakaran Lahan

PALANGKA RAYA, SuaraBorneo – Kebakaran lahan dan hutan (Karlahut) yang terjadi beberapa bulan terakhir, tidak …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.