Semboyan ‘Haram Menyerah Waja Sampai ke Puting’, Film Sejarah Pangeran Antasari

image

SuaraBorneo.com, BANJARMASIN – Akhirnya warga dapat mengenang kembali sejarah perang Banjar, di pimpinan langsung oleh Pangeran Antasari, semua itu tidak luput dari peran serta pemerintah provinsi Kalimantan Selatan, dalam pembuatan film sejarah tersebut, yang di persembahkan kepada masyarakat Kalsel untuk menonton secara gratis, Rabu (3/1/18), pada pukul 20.00 Wita, di gedung Seni Budaya jalan Brigjend H. Hasan Basri (Kayu Tangi) Banjarmasin.

Antusias warga terlihat sangat senang setelah menyaksikan film sejarah yang berdurasi sekitar dua jam tersebut, dapat membuat masyarakat Kalsel mengenang dan mengenal tokoh pahlawan mereka untuk memperjuangkan tanah banua dari penjajahan Belanda pada waktu itu. Khususnya pahlawan Pangeran Antasari juga merupakan pahlawan Nasional, tiap memperingati hari Pahlawan, para pejabat pemerintah provinsi Kalimantan Selalu selalu mengadakan upacara dan ziarah ke makam beliau yang berada di kuburan Muslimin jalan Sei Jingah kelurahan Surgi Mufti kecamatan Banjarmasin Utara kota Banjarmasin.

Pada kesempatan itu kami mewancarai salah satu pengunjung, “Bagus sekali di tonton oleh masyarakat Kalsel khususnya orang Banjar, dari film tersebut kita dapat mengetahui perjuangan para leluhur/pahlawan kita, tidak semudah di bayangkan penuh dengan tetes darah penghabisan, apalagi kita lihat dari adegen tersebut semboyan Pangeran Antasari, Haram Menyarah Waja Sampai ke Puting (haram menyerah baja sampai ke ujung), tidak menyerah dengan penjajah dari senjata baja sampai darah penghabisan, merupakan pemberi semangat bagi kita untuk tetap berjuang, terutama membangun banua yang kita cintai ini,” kata Aji.

“Selain para masyarakat umum, perlu juga di putar di tempat-tempat sekolah, dari SD sampai tingkat SMA di seluruh provinsi Kalsel, merupakan sejarah banua maupun Nasional dalam memperjuangkan negeri yang kita cintai dari penjajahan Belanda pada waktu itu,” himbauannya. (Ad-Bjm)

755 kali dilihat, 2 kali dilihat hari ini

Check Also

Walhi Kalteng, Solidaritas Bersama Tolak Diskriminasi Rasial Terhadap Mahasiswa Papua

PALANGKA RAYA, SuaraBorneo – Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (Walhi) Kalimantan Tengah, mahasiswa Papua Palangka Raya, …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.