TPA Sampah Kuburan Muslimin Sudah Over Kapasitas

 Umum

Suaraborneo.com, BANJARMASIN – Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah yang terletak di jalan Mesjid Jami Banjarmasin Utara atau tepatnya di jalan tembus Malkon Temon persis di depan Makam Pahlawan Pangeran Antasari pada saat ini sudah melebihi batas kapasitas, Jumat (5/1/18).

Ini terbukti dengan membludaknya dan menumpuk nya sampah di sana sudah tidak dapat di tampung, bahkan sampah-sampah tersebut ada yang menumpuk sampai ke tepi jalan raya sekitar TPA.

Menumpuknya sampah tersebut di sebabkan mulai banyaknya pemukiman baru dan juga lokasi lahan TPA tersebut agak kurang luas. Sehingga menyebabkan menumpuknya limbah rumah tangga tersebut mengalami over kapasitas, selain itu juga menimbulkan aroma yang tidak sedap.

Aroma bau sampah tersebut sudah tercium sampai kepemukiman warga sekitar komplek Citra Malkon Temon. Yang sangat di sayangkan lokasi TPA tersebut berdekatan dengan Makam Pahlawan Nasional Pangeran Antasari.

Sempitnya lahan lokasi TPA tersebut sangat di sayangkan sehingga menyebabkan menumpuknya sampah disana sampai ketepi jalanan.

Menurut, Muchyar kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Banjarmasin ketika di konfirmasi via seluler menjelaskan untuk kapasitas tampung TPA masih bisa menampung limbah rumah tangga penduduk, yang membuat sampah meluber kejalanan di sebabkan karena kurangnya kesadaran masyarakat pada saat membuang sampah di TPA tersebut main buang sembarangan atau sambil lewat langsung lempar sehingga sampah tersebut tidak di buang pada tempat yang sudah di sediakan pemerintah atau main taruh saja di tepi jalanan dekat TPA.

Setiap pagi sampah selalu kita angkat untuk dibuang ke TPA Basirih supaya sampah-sampah tersebut tidak menyebabkan sampai menumpuk.

Sudah seharusnya kita semua sebagai warga kota Banjarmasin agar mentaati peraturan yang telah di tentukan oleh pemerintah kota Banjarmasin, gimana tidak menimbulkan aroma yang tidak enak kalo masyarakatnya tersebut main lempar saja limbah rumah tangganya.

Berulang kali pihak pemerintah menghimbau agar supaya pada saat membuang sampah usahakan tepat di lokasi yang telah di buat pemerintah agar kedepannya nanti sampah-sampah tersebut dapat tertampung di tempat TPA tersebut, terangnya. (Ad/Gt.Ir-Bjm)

Related Posts

Tinggalkan Balasan