Pedagang Buah Kebanjiran Rezeki

SuaraBorneo.com, BANJARMASIN – Tahun ini para pedagang buah buahan lokal mulai kebanjiran rejeki,hal ini disebabkan melimpahnya buah buahan lokal khas kalimantan berbagai jenis buah baik itu dari buah Tiwadak (Cempedak), Durian, Rambutan sampai buah Sawo.

Menurut pantauan kami di lapangan ternyata memang benar wilayah kota Banjarmasin sampai daerah lain mulai kebanjiran buah. Seperti buah Tiwadak ternyata ada yang berasal dari daerah Pontianak dan juga dari Anjir Besarang Kapuas. Mengenai harga untuk Tiwadak perkilonya berkisar dari harga Rp 15 ribu/kilo sampai 30 ribu per kilonya.ujarsalasiah seorang pedagang buah Tiwadak yang menjajakan dagangannya di sekitar jalan Pangeran Hidayatullah (Banua Anyar) Banjarmasin. Tiwadak yang banyak diminati pembeli Tiwadak Anjir Besarang karena daging buahnya tebal dan manis selain itu untuk daging kulitnya sangat tebal.

Lain halnya dengan pedagang buah durian, ijai, untuk buah durian kita datang kan langsung dari daerah Kasongan (Kalteng). Untuk harga duriannya kita jual mulai dari Rp 15 ribu sampai Rp 50 ribu rupiah per bijinya, ada juga durian yang kita jual perikat yang isinya ada tiga buah durian kita bandrol sekitar Rp 30 ribu rupiah tapi untuk kualitasnya kurang bagus karena banyak lubang bekas ulat.

“Saya sengaja membeli buah durian ini dari daerah Kalteng tepatnya dari Kasongan Kalteng, kenapa saya mendatangkan dari saya karena kualitas buah disana sangat bagus karena daging buah duriannya sangat tebal dan manis sekali, sedangkan durian yang lama tidak laku kita buat menjadi Tempuyak,” ujarnya.

Begitu juga dengan pedagang lain buah rambutan di sekitar jalan Sungai Lulut, Inah menawarkan dagangannya untuk rambutan kita jual Rp 10 ribu per enam ikat itu untuk jenis rambutan Batuk, sedangkan jenis Antalagi kita tawarkan sama Rp 10 ribu juga tapi per lima ikat lain lagi dengan jenis rambutan Garuda ini agak sedikit mahal untuk per ikat nya kita jual berkisar Rp 4 ribu rupiah per ikatnya,” terangnya. (Ad/Rh-Bjm)

Check Also

Literasi Keuangan Sekolah, Bank Kalsel Cabang Batulicin Ajak Siswa Menabung

BANJARMASIN – Dukung upaya Pemerintah melalui Otoritas Jasa Keuangan (OJK) tingkatkan penetrasi literasi keuangan, Bank Kalsel Kantor …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.