Waspada Penyakit DBD, Musim Penghujan Telah Tiba

image

SuaraBorneo.com, BANJARMASIN – Memasuki musim penghujan pada saat ini sudah semestinya juga kita harus waspada akan penyebaran penyakit Demam Berdarah (DBD) karena pada saat seperti inilah nyamuk nyamuk yang membawa virus DBD mulai menyerang manusia.

Menurut Kepala Dinas Kesehatan Kalsel Muslim pada saat dimintai keterangan di ruang kerjanya beberapa waktu lalu tentang seputar penularan penyakit DBD tersebut membenarkan, “pada saat musim penghujan seperti ini nyamuk pembawa penyakit DBD tersebut berkembang biak, jadi sudah seharusnya kita berusaha untuk mencegah penyebaran dan berkembang baiknya nyamuk ini,” ujarnya.

Usaha yang harus kita lakukan yaitu dengan cara selalu membersihkan lingkungan di sekitar pemukiman kita, apabila di sekitar pemukiman kita banyak terdapat sampah apalagi itu sampah bekas kaleng yang dapat menampung air hujan upayakan agar segera dikubur dalam tanah, karena kaleng bekas tersebut merupakan media untuk bertelur dan berkembang biaknya nyamuk tersebut.

Nyamuk ini tidak mengenal tempat, baik itu lingkungan yang kotor maupun yang bersih, biasanya nyamuk ini sangat menyukai tempat yang bersih. Sedangkan nyamuk ini akan berkeliaran pada waktu pagi dan sore hari, untuk itu pada saat tertentu itu diharuskan untuk menggunakan baik itu obat pembasmi nyamuk, obat nyamuk bakar atau pun lotion anti nyamuk.

Apabila di sekitar pemukiman kita ada yang terkena penyakit DBD tersebut supaya segera dilakukan tindakan penyebaran baik itu ke Puskesmas atau Rumah Sakit terdekat. Segera bawa Si penderita tersebut agar mendapatkan pengobatan segera dan harus diingat kalo sudah ada tanda tanda terkena penyakit ini seperti suhu badan yang panas dan terdapat bintik-bintik merah usahan supaya langsung agar mendapatkan penanganan medis jangan dibiarkan saja, karena penyakit DBD ini dapat mengakibatkan kematian.

“Disamping itu juga usahakan untuk segera melaporkan bahwa ada korban yang terkena penyakit tersebut ke kantor Dinas Kesehatan setempat supaya dapat dilakukan tindakan pencegahan penyebaran wabah tersebut dan juga agar segera dilaksanakan kegiatan pengasapan (fogging) di sekitar wilayah yang terkena wabah DBD tersebut agar tidak dapat menyebar ke wilayah pemukiman lain.”

Selain itu ditambahkan Muslim, “juga harus adanya Kerja sama antara warga dengan pemerintah supaya dapat menggalakan aksi kegiatan Gotong royong, selain itu harus diperhatikan agar bak penampungan air yang ada dirumah kita supaya setiap minggu harus selalu dikuras dan ditaburkan serbuk Abate agar nyamuk tidak dapat berkembang biak jangan lupa untuk selalu menutup tempat penampungan air minum di rumah rapat-rapat,”terangnya. (Ad/Gt.Ir-Bjm)

205 kali dilihat, 2 kali dilihat hari ini

Check Also

Asah Mental, Fisik dan Disiplin Karyawan Baru, Bank Kalsel Kerjasama dengan Rindam VI Mulawarman

BANJARMASIN, SuaraBorneo.com – Bank Kalsel dalam rangka mengasah pembinaan mental, fisik, dan disiplin pegawai yang …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.