KIA Telah Mencapai Angka 7000 Pemohon

image

Suaraborneo.com, BANJARMASIN – Mengingat sangat pentingnya Kartu Identitas Anak (KIA) bagi warga Kota Banjarmasin ternyata tingkat angka permintaan tersebut cukup tinggi sekali. Buktinya makin banyaknya para pemohon kartu identitas anak tersebut yang di luncurkan pada bulan September 2017 lalu ternyata sudah mencapai angka sekitar 7000 pemohon.

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kota Banjarmasin H Khairul Saleh pada saat dimintai keterangan seputar KIA tersebut pada hari Rabu kemarin (17/1) via telepon seluler, membenarkan bahwa pemohon dari hari ke hari semakin bertambah, sejak dibuka para pemohon berjumlah sekitar 150 orang perhari, tetapi untuk saat ini telah mencapai 700 para pemohon perharinya.

Mantan Camat Banjarmasin Barat ini mengungkapkan tingginya antusias masyarakat ini sehingga cukup membuat kesalahan, sehingga pembuatan KIA ini dialihkan kecamatan masing-masing.

Khusus untuk para pemohon KIA harus bersabar karena banyaknya pemohon maka KIA pun bisa selesai lebih dari tiga hari, ini karena kemampuan mesin pencetak kita yang terbatas maka untuk penyelesaiannya bisa sampai lebih dari tiga hari.

Ditambahkannya, untuk kepemilikan KIA bagi anak ini sangat penting sekali dan untuk cara perbuatannya pun cukup mudah, tidak perlu repot cukup bawa Akta kelahiran dan KK, fungsinya sama seperti KTP, jelasnya.

Ia menjelaskan dalam hal ini untuk pelayanan KIA dimulai dari usia umur anak 1-5 tahun tanpa foto, sedangkan untuk umur 6-17 tahun harus disertai dengan Pas foto disertai dengan fotokopi kartu keluarga (KK) dan fotokopi Akta kelahiran anak.

Untuk kepengurusan KIA juga gratis tidak dipungut biaya dan bagi yang ingin anaknya mempunyai KIA bisa langsung datang ke kantor Dukcapil Kota Banjarmasin, jalan Sultan Adam Kota Banjarmasin atau bisa juga datang ke kecamatan masing masing, jelas Khairul. (Ad/Gt.Ir-Bjm)

Check Also

Kronologi Terbongkarnya Tempat Pembuat Ekstasi Jenis Baru

SuaraBorneo.com – Terbongkarnya tempat pembuat pil ekstasi di sebuah rumah di Perumahan Sentra Pondok Rajeg …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.