Kadis ESDM Kalsel Secara Tegas Menolak Penambangan di HST

 Daerah, Ekobis, Umum

image

Suaraborneo.com, BANJARBARU – Kepala Kantor ESDM Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), Ishatwanto. Sebenarnya bahwa kantornya sudah berbuat pada tahun 2010 yang mana pada waktu, katanya pada wartawan yang meliput baik media elektronik, cetak dan online. Selasa (23/1) seusai aksi tuntutan dari DKB dan Aliansi Mahasiswa Pencinta Alam Kalsel.

Intinya, kata Ishatwanto melanjutkan, dengan tegas mempertanyakan kepada Dirjen ESDM, “Ko’ kenapa ijin itu bisa keluar padahal tidak adanya Amdal”. Dan kita, katanya lagi, provinsi mendukung kabupaten dengan tegas tidak adanya tambang. Dan rencana pada hari Kamis ini pihaknya bertolak ke Jakarta mempertanyakan lagi ke Kementerian ESDM, perihal bisa terbitnya SK ini, katanya seraya menegaskan bahwa ESDM Provinsi sangat mendukung tidak adanya tambang di Hulu Sungai Tengah (HST).

Menyinggung adanya kesepakatan dan dead line yang di sepakati dengan DKB dan mahasiswa peserta aksi, Isharwanto menjelaskan bahwa sebagaimana tuntutan di sepakati itu surat penolakan ada tambang itu sudah ada, namun akan diperbaharui surat penolakan pertambangan di HST khususnya di sekitar pegungan Meratus, dan natoline pertemuan dengan Dirjen nanti akan diminta, “Siap kita penuhi” ujar Isharwanto meyakinkan pula pihak pengusaha yang mengantongi ijin tidak bakalan bisa bekerja, karena jelasnya bahwa ijin amdal tidak ada, dan jalan untuk mengeluarkan jika  ditambang juga, darimana jalannya. Sementara jalannya tidak ada. Pungkas Ishatwanto.  (Aha-Bjb)

Related search

    No internet connection No internet connection

Related Posts