DPRD HST Sampaikan Asperasi Warga Ke Kementrian ESDM di Jakarta

image

Suaraborneo.com, BANJARMASIN – Pertemuan Komisi I dan II DPRD Hulu Sungai Utara, menemui pejabat Kementerian Energi dan Sumberdaya Mineral (ESDM) di Jakarta. Bahwa  penolakan pertambangan batu bara di Kabupaten Hulu Sungai Tengah, tidak bisa hanya sekedar penyampaikan semata, kata Athailah Hasbi lewat telpon mengutif penjelasan dari Kasubdit bidang Batu bara.

Penolakan itu harus didukung pelampiran naskah kajian akademis baik kajian ekologi, sosial, lingkungan serta budaya yang menjadi dasar penolakan. Ujar Atak (panggilan akrab dari F.Golkar DPRD-HST, Kamis (25/1).

Pernyataan itu  menanggapi sebagaimana aspirasi dan tuntutan warga yang tidak hanya dari warga HST tapi juga warga Kalimantan selatan secara bergelombang menuntut agar SK Menteri ESDM di cabut terhadap izin operasi produksi penambangan batu bara untuk PT Mantimin Coal Mining, di wilayah HST.

Menurut Athailah, Kasubdit Batu Bara Kementerian ESDM, bahwa naskah akademis atas kajian itulah yang bisa menjadi dasar Dirjen Minerba untuk tidak memproses lebih lanjut izin, selain sebagai argument yang kuat kepada pihak investor agar tak menambang batu bara di HST.

“Karena ada perjanjian bilateral, kalau kita tak memenuhi hak investor, maka kita kena penalti. Masalahnya, investor setor tiap tahun dan royalty masuk APBD 20 persen untuk daerah dan 80 persen untuk pemerintah pusat,” ujar Atak lagi, mengutip penjelasan pihak kementerian.

Menyikapi hal itu, tambah Atak menyatakan, secepatnya, DPRD HST mengoordinasikannya dengan Pemkab HST, dan mendesak Pemkab HST merespon dengan cepat yaitu menganggarkan pembuatan kajian akademis sebagaimana diminta kementerian ESDM, meski pada intinya selama tidak ada Amdal penambangan batu bara di HST tak bisa dilakukan.

Rombongan komisi II dan III DPRD HST menyampaikan aspirasi masyarakat HST ke Kantor Kementerian ESDM, dipimpin langsung Ketua DPRD HST  Saban Effendi yang diterima Kasubdit Batu Bara, pungkas Atak. (Aha-Bjb)

188 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Check Also

Tersenyum, 14 Orang Pesta Sabu Dituntut Ringan 7 Bulan Rehabilitasi

BANJARMASIN, SuaraBorneo – Wajar apabila ke 14 Orang terdakwa yang tengah berpesta sabu di gang …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.