Miris, Satu Warga Kuin Utara Banjarmasin Tidak Layak Huni

image

Suaraborneo.com, BANJARMASIN – Kita sudah biasa dengar atau liat di televisi ‘bedah rumah’, seakan-akan benar-benar membantu masyarakat yang rumah mereka tidak layak untuk dihuni, tetapi kenyataan tidak sesuai apa yang kita liat atau dengar, seperti yang dialami Hambali, kenyataan rumahnya benar-benar tidak layak dihuni, rusak berat, apalagi sekarang keadaan mau roboh, beralamat jalan Kuin Utara RT 24, Kelurahan Kuin Utara, Kota Banjarmasin.

Sumber kami ambil dari salah satu akun facebook Mukmin Muslim, 26 Januari 2018, pukul 16:39 Wita, mengatakan, “Di Jalan Kuin Banjarmasin terdapat rumah yg rusak berat yang tidak layak ditinggali. Katanya ada beberapa tim pembedah rumah yang telah meninjau rumah ini namun rumah ini tidak mendapat bantuan bedah rumah karena, katanya alasan surat-surat rumah yang tidak ada atau hal lainnya,” ujarnya.

 

“Disini saya mencoba membantu pemilik rumah tersebut, untuk memintakan bantuan dingsanak sebarataan (saudara) untuk menyumbang secara pribadi saja. Karena bila melalui badan atau organisasi tidak bisa terlaksana karena alasan status tanah dan lain-lain. Jadi sy berharap bantuan dari saudara semua tanpa melihat status tanah rumah ataupun surat-surat, cukup dengan saksi tetangga bahwa rumah itu memang telah ditempati sejak puluhan tahun lalu, sumbangan berapa saja boleh walaupun Rp 1000,” harapnya.

 

Di akun facebook Ukhty Dewi, “Semoga ada orang darmawan untuk merehap rumah beliau yang hampir roboh untuk sementara semasa hidup beliau apa lagi beliau makan tidur ditempat itu,” katanya.


“Kami tadi pagi sudah mensurvey ke lokasi tempat tinggal beliau memang tidak layak di huni, dan langsung menjumpai RT setempat, bahwa RT setempat sudah mngajukan untuk rumah beliau dan kami langsung melunjur Kelurahan Kuin Utara dan memang benar beliau kena jalur hijau justru itu tidak bisa di programkan bedah rumah, kami di sini akan mengalang dana untuk beliau, walaupun seribu rupiah kami terima,” tuturnya.

 

Melihat keadaan seperti ini, perlu bagi Pemko Banjarmasin memberikan perhatian kepada masyarakatnya, “walaupun tanah yang mereka tempati mengenai jalur hijau, tetapi mereka sudah diam begitu lama, cari jalan solusinya, kalau mau bantu, ya bantu aja, ngk usah tanya surat-surat kelengkapan tanah dia, memangnya mau kredit di Bank pakai surat tanah,” tegasnya. (Ad/FB-Bjm)

Check Also

Berbaur Dengan Warga, Anggota Satgas TMMD ke-103 Kodim 1002/Barabai Melaksanakan Bermacam Sasaran Kegiatan dan Satgas TMMD Pun Turun ke Lapangan

BARABAI – Dandim 1002/Barabai Letkol Inf Nur Rohman Zein, SE, MM, selaku Dansatgas TMMD ke …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.