Tahlilan, salah Satu Tradisi Warga Banjar Mendoakan Arwah Keluarganya

Image and video hosting by TinyPic

Suaraborneo.com, BANJARMASIN – Acara untuk tetap mengenang dan memberikan doa kepada orang tua, sanak saudara kita yang dahulu meninggal dunia, tradisi atau kebiasaan orang Kalsel (orang Banjar) yang beragama Islam, terutama kaum tua (NU) selalu mengadakan Tahlilan (Tahlil), Kamis (8/1), pukul 19.30 Wita, setelah sholat Mahgrib, di Jalan Antasan Kecil Timur RT 8 gang SDN Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan.

Setelah selesai memakamkan jenazah, para warga di sediakan makanan ketempat tuan rumah yang salah satu keluarganya dikebumikan, sebagai ucapan terima kasih yang telah mensholatkan jenazah serta membantu dan mendoakan jenazah.

Selanjutnya nanti, pada hari ke-3, ke-7, ke-40 sampai ke 100, keluarga arwah selalu mengadakan tahlilan (ba-arwahan dalam bahasa Banjar), sampai setiap 1 tahun kemudian biasa disebut Haul, diawali dengan membaca surat Al-Fatihah, kemudian membaca surat Yassin, Zikir, Shalawat Nabi, dan terakhir membaca doa arwah, kemudian para jamaah disediakan makanan sebagai acara penutup.

Tahlilan, adalah sebuah tradisi yang berupa kumpul-kumpul antar warga untuk membaca do’a, yang biasa dilakukan pada saat ada anggota warga yang keluarganya yang meninggal, atau untuk memperingati meninggalnya seseorang. Tahlilan merupakan tradisi khas muslim di Kalsel maupun Indonesia. Dalam acara kumpul-kumpul ini diisi dengan membaca ayat-ayat Al-Qur’an dan kalimah thayyibah, mulai dengan bacaan surat Al-Ikhlash, Al-Muawwidzatain, ayat Kursi, bacaan Shalawat, Tahlil, Tasbih, dan Istighfar. Urutan bacaan telah disusun sedemikian rupa sehingga sudah sedemikian mentradisi. Jika ada varian bacaan di sana sini, perbedaan tersebut tidak terlalu jauh.

“Memang salah satu dari kebiasaan kami mulai orang-orang dulu, setelah selesai hari ke 40 acara ba-arwahan (tahlil), tidak usah khawatir, mampu tidaknya melakukan acara tersebut, Allah SWT sudah menjamin rezeki umat-Nya,” kata Ady, salah satu keluarga dari acara tersebut. (Ad-Bjm)

582 kali dilihat, 3 kali dilihat hari ini

Check Also

Ketika Semua Berjibaku Membantu Evakuasi Ratusan Korban Keracunan Masal

KUALA KAPUAS, SuaraBorneo.com – Raungan bunyi sirine mobil ambulans terus bolak balik melakukan evakuasi ratusan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.