Bawaslu Panggil Mantan Sekdako Banjarbaru Terkait Kehadirannya di Acara Parpol

 Daerah, Polkam, Umum

image

Suaraborneo.com, BANJARBARU – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Banjarbaru memanggil Mantan Sekretaris Daerah Kota (Sekdako) Banjarbaru atas keterlibatan SS sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN), terkait  dalam kegiatan partai politik di Kota Banjarbaru.

Bawaslu melakukan penyelidikan diawali dengan temuan para komisioner Bawaslu yang sedang menghadiri agenda hari ke-10 salah satu partai politik, di Jalan Trikora, Kota Banjarbaru.

SS yang merupakan ASN sekarang bertugas di Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kalimantan Selatan. Dengan penuh percaya diri memberikan sambutan, dan  mengaku sebagai perwakilan panitia pelaksana kegiatan hari jadi. Dan  SS  mendeklarasikan diri sebagai bagian dari parpol, tutur Komisioner Divisi Hukum Bawaslu Kota Banjarbaru, Dahtiar, Senin kemarin (12/2). Bawaslu langsung memproses kasus ini, karena termasuk dalam dugaan pelanggaran netralitas ASN.

Keikutsertaan ASN dalam kegiatan parpol sudah masuk dalam ranah politik praktis. “Dapat dipersepsikan sebagai tindakan keberpihakan serta konflik kepentingan,” tandasnya.

Pemanggilan SS  pada acara hari jadi Partai Gerindra ke-10 di Kota Banjarbaru, Kamis 8 Februari 2018, SS yang sekarang berdinas di Bappeda Provinsi Kalsel menjadi salah seorang panitia di kegiatan tersebut. Pada kegiatan kesempatan tersebut SS sempat memberikan kata sambutan dan menyatakan ia anggota alias kader Partai Gerindra dan siap maju pada Pemilu legislatif 2019.

Pernyataan SS tentu usaha mendapat perhatian serius dari tiga Komisioner Bawaslu Kota Banjarbaru yang hadir dalam undangan peringatan Hari Jadi Partai Gerindra Kota Banjarbaru. Pengakuan SS itu, kemudian dijadikan temuan oleh Bawaslu Kota Banjarbaru sebagai dugaan tidak netral seorang ASN, temuan dan pemanggilan itu disampaikan Komisioner Bawaslu Banjarbaru, Dahtiar.

Ketua Bawaslu Banjarbaru, A Jajuli, saat dikonfirmasi menyatakan, “Pihaknya masih memintai sejumlah keterangan termasuk kepada yang bersangkutan, dan saksi-saksi juga akan dipanggil,” pungkasnya. (Aha-Bjb)

Related Posts

Tinggalkan Balasan