Nasib Bayi Dibuang Belum Temukan Orang Tua Asuh

Suaraborneo.com, MARTAPURA – Nasib bayi yang ditemukan warga di samping jembatan Jalan Transpol, Komplek Perumahan Sekar Arum, Sungai Tiung, Cempaka, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan, pada 22 Oktober 2017 lalu. Nasibnya kini terkatung-katung. Sebab, sampai saat ini belum juga mendapatkan orang tua asuh.

 

Dinas Sosial Banjarbaru yang saat ini sedang mencari calon pengadopsi malah kekurangan dana untuk melanjutnya rangkaian seleksi. Di mana saat ini, sudah sampai ke tahapan home visit atau kunjungan langsung ke rumah calon adopter yang terletak di Banjarbaru, Banjarmasin, Tanah Laut dan paling jauh di Kotabaru.

 

Kepala Dinas Sosial, Masjudin Noor, mengatakan, pihaknya sebelumnya berencana melaksanakan home visit ke para calon pengadopsi pada Senin (17/2). Namun, karena tak punya anggaran terpaksa rencana itu ditunda. “Saat ini kami masih menunggu anggaran dari Pemko Banjarbaru,” katanya.

 

Dia mengungkapkan, home visit menjadi salah satu aturan yang harus dilakukan untuk menyaring calon pengadopsi bayi. Sehingga, mereka tidak bisa memilih adopter sebelum melaksanakannya. “Sudah aturannya seperti itu, jadi harus kita lakukan. Hasil dari home visit inilah yang menentukan tiga besar nanti,” ungkapnya.

 

Maka dari itu, diharapkan dana dari Pemko Banjarbaru untuk keperluan home visit dapat segera cair. Supaya, tahapan seleksi segera berakhir dan bayi secepatnya menemukan orang tua asuh. “Sampai sekarang kami belum tahu, kapan dana akan cair. Mudah-mudahan secepatnya,” ujarnya.

 

Sementara terkait kasus pembuangan bayi, Kapolres Banjarbaru, AKBP Kelana Jaya, melalui Kapolsek Banjarbaru Timur, AKP Avan Suligi, mengaku belum bisa menemukan siapa orangtua kandung yang tega membuang bayinya sendiri itu. “Sampai sekarang tidak ada perkembangan,” katanya.

 

Dia menuturkan, sampai sekarang bayi masih dirawat oleh salah seorang bidan Puskesmas Cempaka. “Bayi dalam kondisi sehat dan lucu,” pungkasnya. (Ad/Bp/Fb)

311 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Check Also

Peduli, Relawan PKS Kalteng Ikut Padamkan Kebakaran Lahan

PALANGKA RAYA, SuaraBorneo – Kebakaran lahan dan hutan (Karlahut) yang terjadi beberapa bulan terakhir, tidak …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.