Ilmu Bela Diri Kuntau Langka dan Hampir Terlupakan Masyarakat Banua

Suaraborneo.com, BANJARMASIN – Seni bela diri Kuntau atau bakuntau selama ini berkembang di Kalimantan Selatan sejak lama. Bahkan, di zaman penjajahan Belanda, kuntau ini sudah ada dan berkembang di masyarakat Banjar.

Biasanya para murid melakukan latihan pada malam hari, di setiap kampung baik di Hulu Sungai maupun di Banjarmasin (sekarang tidak terlihat lagi), cuma di daerah Hulu Sungai (kabupaten di Kalsel) yang sekarang masih melaksanakan seni bela diri Kuntau.

Seperti pontingan seseorang di Habar Banua, menuliskan, “Ilmu bela diri Kuntau atau yang lebih di kenal Pencak Silat nya orang Banjar. Kini Mulai Langka dan hampir terlupakan oleh generasi muda masyarakat banua, yang handak ulun takunakan di sini di tempat bubuhan pian adalah masih org belajar kuntau?,” pesanya dari saya di Martapura.

Tentu hal ini perlu di perhatikan bagi generasi muda orang-orang Banjar, agar dapat melestarikan kebudayaan-kebudayaan Banjar lainnya agar tak punah. (adw/bny-bjm)

Check Also

Dapat 2 Tiket Umroh dari Trans 7, Kai Api Terharu Bertemu Walikota

BANJARMASIN – M Arsyad kembali menemui Walikota Banjarmasin H Ibnu Sina. Ia mendatangi rumah dinas Walikota sesaat setelah …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.