Raudhatul Jannah: TP PKK Kurangi Serimonial Fokus Manfaat ke Masyarakat

image

Suaraborneo.com, BANJARMASIN – Rapat Konsultasi TP PKK se Provinsi Kalsel yang dirangkai dengan Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK ke-46 tingkat Provinsi Kalsel, sedikit agak berbeda dari kegiatan lainnya. Pasalnya, saat itu, Ketua TP PKK Provinsi Kalsel, Hj Raudhatul Jannah Sahbirin Noor, secara khusus memberikan potongan perdana nasi tumpeng astakona kepada Ketua TP PKK Kota Banjarmasin, Hj Siti Wasilah.


Tentunya, pemberian itu bermakna bahwa istri orang nomor satu di Bumi Antasari ini, sangat mengapresiasi semua kegiatan yang telah dilakukan TP PKK Kota Banjamasin, Rabu (14/3). Dalam kegiatan yang dilaksanakan di Gedung Mahligai Pancasila, Banjarmasin dan dihadiri Wakil Gubernur Kalsel H Rudy Resnawan serta seluruh Ketua TP PKK se Kalsel itu, Hj Raudhatul Jannah Sahbirin Noor berpesan, agar seluruh TP PKK selalu berpartisipasi mendukung peningkatan kesejahteraan keluarga. 


Contonya, jelasnya, melalui usaha peningkatan pendapatan keluarga, kegiatan Posyandu bagi balita maupun Lansia, pelatihan keterampilan bagi ibu rumah tangga, remaja puteri dan anggota keluarga, penyuluhan tentang makanan beragam, bergizi, berimbang, serta pemanfaatan tanah pekarangan dalam mendukung ketahanan pangan keluarga.


Pesan lain yang disampaikannya dalam kegiatan tersebut adalah, TP PKK harus terbiasa mengembangkan program dan kegiatan, yang bersentuhan langsung dengan masyarakat. “Program-program dan kegiatan yang sifatnya seremonial, hendaknya bisa kita kurangi. Kita harus memfokuskan kegiatan yang bisa secara langsung memberi manfaat kepada masyarakat,” ucapnya. 


Menyinggung tentang Hari Kesatuan Gerak PKK ke-46 tingkat Provinsi Kalsel, ia kembali mengingatkan bahwa HKG tahun 2018 ini bertemakan”Kerukunan Dalam Keluarga dan Lingkungan untuk Mewujudkan Indonesia Damai”. 


Tema tersebut, jelasnya lagi, mengandung makna bahwa segenap jajaran Tim Penggerak PKK disemua tingkatan, senantiasa bahu membahu dengan segenap komponen masyarakat memberikan pemahaman dan kesadaran, kepada seluruh keluarga. “Kondisi aman, nyaman, tentram dan damai, pada dasarnya dimulai dari lingkungan kita masing-masing,” ucapnya.


Diharapkan, lanjutnya, seluruh TP PKK Kalsel selalu mengingatkan 3 arahan dari Ketua Umum TP PKK Pusat yang berkaitan dengan tema HKG tahun 2018 ini. Untuk diketahui, 3 arahan dari Ketua Umum TP PKK Pusat antara lain, pertama, kerukunan dalam keluarga akan membuahkan kerukunan dalam masyarakat. Kemudian, kerukunan dalam masyarakat akan membuahkan kerukunan dalam negara. Dan pada akhirnya, kerukunan dalam negara itu mencerminkan negara yang damai. oleh karena itu, TP PKK harus mampu tampil dan berperan nyata dalam merawat kerukunan dan suasana damai di keluarga-keluarga dan masyarakat secara keseluruhan.


Kedua, karya tidak akan terwujud tanpa kerja keras. Berkaryalah dengan cerdas dan tangan yang terampil serta hati yang jujur. Ketiga, tingkatkan daya kreatifitas dan inovasi dalam pengembangan program-program PKK, yang semua itu harus dicapai melalui karsa inisiatif dan ketekunan.


Dari pantauan, selain kepada Hj Siti Wasilah saat itu, Hj Raudhatul Jannah Sahbirin Noor juga memberikan bingkisan kepada mantan Ketua TP PKK Provinsi Kalsel periode 2000-2005 Hj Herlinawati Syahril Darham. (adw/humpro-bjm)

Check Also

8 Bulan Berjalan, PAD Kutim Sentuh 98,2 Persen

Ket Foto: Kepala Bapenda Kutim, Musyaffa SANGATTA – Tim Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kutai Timur …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.