Haul Guru Sekumpul ke-13 Tanpa Kampanye Politik

image

Suaraborneo.com, MARTAPURA – Haul Sekumpul cara tahunan yang dilaksanakan oleh masyarakat Kalsel khususnya di Sekumpul Martapura, tanpa paksaan pihak manapun bahkan tanpa “Wasiat” dari yang diperingati Haul-nya, yaitu Sayyidi Abah Guru Sekumpul Qoddasallah Sirrah.

Bahkan, haul Sekumpul pada tahun pertama wafatnya beliau mulanya menjadi dilema. Apakah dilaksanakan haul atau tidak, karena beliau pernah mewanti-wanti agar jangan diperingati haulnya bila nantinya membuat pelaksana meminta-minta sumbangan (termasuk proposal, sponsor dan lain sejenisnya). Beliau bukan seorang yang menyukai kemasyhuran, keterkenalan, diagungkan dan dibesarkan. Beliau bukan seorang yang menyetujui jadi beban buat orang lain. Pihak keluarga (ahli waris) sendiri tidak berani melaksanakan karena khawatir melanggar yang diwasiatkan.

Akhirnya, para tokoh mengambil “ijtihad”:

  1. Pihak keluarga melaksanakan acara tahlilan secara terbatas, agar terhindar dari “wasiat larangan memperingati haul beliau bila membenani orang lain”.
  2. Pihak murid, jamaah, pecinta dan masyarakat, silakan kalau mau memperingati, namun tetap menjaga wasiat “jangan meminta sumbangan/menjadi beban bagi orang lain”.

Ajaibnya, meskipun dilaksanakan dengan acara sederhana, namun jamaah yang hadir tidaklah sederhana. Seolah ada magnet yang menarik masyarakat untuk berbuat sesuatu dalam haul Sekumpul, entah sebagai donatur, panitia/petugas, maupun sebagai jamaah. Bahkan tahun ini, haul Sekumpul ke 13 kalinya diperkirakan jamaah yang hadir diatas 1 juta orang, milyaran rupiah mengalir menuju Sekumpul.

Ini tentunya sangat menarik bagi seorang tokoh yang ingin mengkampanyekan dirinya di tengah-tengah masyarakat. Dengan menghadiri haul Sekumpul seseorang bisa meraih legimitasi “Pecinta Abah Guru Sekumpul” dan akan mudah meraih simpati serta dukungan dari jutaan pecinta beliau. Inilah yang mesti kita waspadai, baik diri kita sendiri maupun keluarga kita, semoga tidak menjadikan acara Haul Sekumpul sebagai ajang kampanye politik.

secara istilah, diantara makna kampanye dalam kamus besar bahasa indonesia adalah: “Kegiatan yang dilaksanakan oleh organisasi politik atau calon yang bersaing memperebutkan kedudukan dalam parlemen dan sebagainya untuk mendapat dukungan massa pemilih dalam suatu pemungutan suara”.

Kampanye politik tidak mesti dengan orasi atau teriak-teriak di podium, ketika seorang politikus melakukan suatu kegiatan, kemudian disorot media massa dan diberitakan, itu juga termasuk kampanye. Misal, seorang tokoh politik ikut berhadir secara sederhana di haul Sekumpul, duduk dipojok paling belakang berbaur dengan massa lainnya, namun dibelakang layar dia membuat rekayasa agar disorot media dan diberitakan secara viral bahwa seorang tokoh besar seperti dia mau saja duduk berbaur dengan massa demi menghadiri haul dan rasa cinta, maka itu juga termasuk kampanye politik, karena ada niat/kesengajaan/rekayasa untuk disorot media dan diberitakan/diviralkan.

Bahkan, kampanye terselubung semacam ini tergolong “jahat”, karena membuat masyarakat awam terlena. Dengan mudah mereka kemudian men-cap sang tokoh sebagai orang yang sederhana, memasyarakat, mau berbaur dengan orang biasa, dan sederet pujian lainnya.

Akankah kehadiran tokoh politik pada acara haul Sekumpul menjadi seperti itu…? kita lihat saja nanti…

  1. Apakah benar berhadir, kita lihat saat acara haul Sekumpul.
  2. Apakah dia sedang kampanye meraih simpati massa, kita lihat berita media setelah acara haul Sekumpul.

Bila terjadi yang nomer 2, yaitu meski dia hadir sebagai orang biasa, bahkan duduk di belakang berbaur dengan jamaah lainnya, namun kemudian media membombastiskan beritanya, menggiring opini masyarakat bahwa dia tokoh yang sederhana dan lain sejenisnya, maka jangan pernah memilih tokoh tersebut, karena sejatinya dia bukan pecinta, tapi kepentingan pribadi yang menyamar sebagai pecinta…!!! dan memanfaatkan acara haul Sekumpul untuk kepentingan politiknya…!!! (ady/azf/wa-mib)

500 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Check Also

Pembangunan Daerah Hulu Perlu Perhatian Pemerintah

KUALA KAPUAS, SuaraBorneo – Pembangunan daerah hulu Kabupaten Kapuas perlu perhatian serius Pemerintah Kabupaten Kapuas …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.