Kunker Presiden Jokowi di Kalsel, Khususkan Acara Haul Guru Sekumpul

image

Suaraborneo.com, MARTAPURA – Kujungan  kerjanya  (Kunker) di Kalimantan  Selatan (Kalsel), Presiden RI Joko Widodo didampingi petinggi Polri Jenderal Tito Karnavian dan Gubernur H Sahbirin Noor, menyempatkan diri, menghadiri haul ke-13 guru Sekumpul, KH Muhammad Zaini Abdul Ghani (Guru Izai) diruang induk mushalla Ar-Raudah, Martapura, Minggu sore (25/3).

Haul Abah Guru Sekumpul kharismatik ke 13 ini sudah merupakan agenda tahunan masyarakat Banjar Kalsel. Acara dimulai setelah usai shalat Maghrib berjamaah, diawali dengan pembacaan syair-syair maulid Habsyi dipimpin dua putra Almarhum Abah Guru Sekumpul yakni Muhammad Amin Badali (23) dan Ahmad Khafi Badali (22) dan diakhiri dengan tahlilan dipimpin Guru Masdar (Guru tuha).

Pantauan  di seputaran lingkungan Ar-Raudah, Jama’ah yang berhadir menempati shab-shab hingga ke jalan-jalan bak lautan manusia (jamaah) yang berdatangan dari segala penjuru, baik dari wilayah Kalimantan, Timur-Barat-Tengah dan Selatan tentunya. Juga dari luar Kalimantan, bahkan dari Negara tetangga Malaysia dan Singapura. Sepanjang Jalan Sekumpul arah ke dalam sudah dipadati jama’ah yang menggelar sajadah, mulai dari depan Masjid Pancasila, Jalan A Yani yang terlihat terus berdatangan tidak kurang dari sejuta jamaah.

Kendati jelang waktu sholat Magrib, hujan mulai turun, para jama’ah pun tak bergeming dengan khusunya melaksanakan ibadah shalat Magrib, Jama’ah yang  tidak beranjak dari tempat shabnya meski diguyur hujan.

Jama’ah pun juga dimudahkan dengan tersedianya layar monitor atau TV disetiap sudut-sudut yang menayangkan secara langsung prosesi pembacaan tahlil haul di Mushalla Ar-Raudhah, dari TV Ar-Raudhah Sekumpul yang banyak menyorot dua putra almarhum KH Muhammad Zaini Abdul Ghani, yakni Muhammad Amin Badali dan Ahmad Hafi Badali.

Sementara Dari arus lalu lintas baik dari Kalimantan Timur, Kotabaru, Banua anam Hulu Sungai. Juga Kalimantan Tengah, Batola dan Banjarmasin. Dari datangnya para jama’ah sampai kembalinya sudah diatur oleh panitia pelaksana baik dibantu aparat Kepolisian, TNI, Dishub, Satpol PP, Banser, Pemuda Pancasila dan relawan.

Luarbiasa dalam rekayasa lalu lintas di Bundaran Simpat empat Banjarbaru, nampak dipimpin langsung Kapolres, AKBP Kelana Jaya, yang turun tangan langsung memimpin dilapangan, tidak segan-segan berlari lari diatas bundaran sebagai titik paling rawan kemacetan. Ka-Kandishub Banjarbaru, Yani Makke, juga turut serta, mengatakan,  “Alhamdulillah untuk arus lalu lintas, dari awal acara sampai akhir acara berjalan lancar, walaupun sempat terjadi kemacetan beberapa titik jalur, namun atas kesigapan para petugas relawan serta koordinasi yang lancar semuanya bisa diatasi,” ujarnya pada dini hari 03.00 Wita Senin antrin kendaran jamaah sudah lenggang kecepatan 40 km/jam.   Sebelumnya pada pukul 10.00 wita hanya 5-10 km/jam dikarenakan tumpukan kendaran khususnya roda empat digunakan jamaah sangat berjubel.

Haul Abah Guru Sekumpul ke-13 terasa istemewa dengan dihadiri orang nomor satu di Indonesia, yang pertama kalinya bapak Joko Widodo yang mengikuti acara hingga selesai. (aha-bjb)

314 kali dilihat, 2 kali dilihat hari ini

Check Also

Penangguhan Ditolak, Terdakwa Minta Waktu Jadwal Sidang Dipercepat

BANJARMASIN, SuaraBorneo – Pengacara terdakwa Ali M SH da rekan, seolah tak ingin perjuangannya sia-sia …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.