Minat Baca Masyarakat Kalsel Terus Meningkat Datang ke Perpustakaan

Suaraborneo.com, BANJARMASIN –  Minat baca masyarakat Kalimantan Selatan khususnya Banjarmasin dari tahun ke tahun terus menunjukkan tren peningkatan. Hal itu terlihat dari meningkatnya jumlah pengunjung Gedung Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Kalimantan Selatan yang tidak hanya dari kalangan pelajar dan mahasiswa.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Kalsel, Nurliani Dardei, mengatakan, seiring dengan perkembangan informasi yang sedemikian cepat, masyarakat mulai sadar pentingnya ilmu dan pengetahuan. Perpustakaan daerah menjadi salah satu alternatif untuk meningkatkan wawasan dan pengetahuan masyarakat.

“Minat baca masyarakat terus meningkat. Awal tahun 2018 ini ibu rumah tangga, karyawan dan peserta didik gemar ke perpustakaan,” katanya

Ia mengungkapkan, meningkatnya minat baca masyarakat tersebut terlihat dari jumlah pengunjung perpustakaan tiap harinya yang mencapai 200 hingga 300 orang dengan dominan pengunjung para pelajar dan mahasiswa yang mengerjakan tugas kuliah serta mencari referensi untuk tugas sekolah.

“Kalau tahun lalu yang datang ke perpustakaan mencapai 100 orang perhari dan awal tahun 2018 ini mencapai 250 sampai 300 orang perhari,” ungkapnya.

Selain itu peningkatan juga terlihat dari pembuatan kartu baru anggota perpustakaan yang setiap harinya ada sedikitnya 50 orang serta jumlah peminjaman buku yang mencapai 200 eksampler setiap harinya.

Menurutnya siapapun boleh membaca bahkan meminjam buku di perpustakaan. Tapi harus membuat kartu anggota dahulu sebagai syarat agar bisa meminjam. Caranya cukup mudah, hanya membawa KTP atau identitas lain seperti kartu keluarga dan kartu pelajar.

“Buat kartu anggota gratis dan minjam buku juga gratis. Buat kartu anggota bisa melakukan pendaftaran sendiri dan langsung jadi,” tuturnya.

Dia juga menjelaskan, minat baca masyarakat meningkat dipengaruhi beberapa hal, yakni pemberitaan di media yang semakin mendidik dan memberikan informasi tentang kemajuan pendidikan dan pembangunan di Bumi Antasari.

Peningkatan minat baca masyarakat secara pesat itu juga tidak lepas peran dari semua pihak, khususnya sekolah dan pihak terkait yang memberikan perhatian dan penjelasan tentang pentingnya menfaat perpustakaan kepada masyarakat.

“Kita bersyukur setiap tahunnya minat membaca masyarakat Banjarmasin semakin meningkat. Untuk mendukung itu kita juga akan melakukan pembaharuan baik itu dari sarana dan prasarana hingga program pendukung lainnya dalam rangka pelayanan masyarakat,” paparnya.

Wanita modis yang akrab disapa Bunda Nunung ini mengatakan, adanya perpustakaan daerah dimaksudkan untuk memudahkan masyarakat dalam mengakses informasi sehingga masyarakat memiliki daya kreativitas, memiliki ide dan gagasan untuk maju.

“Termasuk sarana menambah skill dan keterampilan secara mandiri berdasarkan ilmu yang ada di buku,” tandasnya. (adw/ans)

236 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Check Also

Waspada! lakukan Transaksi Jual Beli Online di Kalsel, 3 Orang Tertipu

BANJARMASIN, SuaraBorneo – Marak aplikasi jual beli online yang ada di berbagai aplikasi membuat semua …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.