Pemkab Tapin Turut Serta Penyerahan LKPD dan LHP 2017

SuaraBorneo.com, RANTAU – Kabupaten Tapin menyerahkan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Tahun Anggaran (TA) 2017 dan penyerahan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) atas pertanggung jawaban penerimaan dan pengeluaran dana bantuan keuangan Partai Politik yang bersumber dari APBD ke Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Perwakilan Provinsi Kalimantan Selatan, bertempat di Aula Kantor BPK RI Banjarbaru Kalsel, Kamis (29/3).

Diawali dengan Penandatanganan dan penyerahan berita acara laporan keuangan pemerintah daerah (LKPD) antara  Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor dan  seluruh Kepala Daerah Kabupaten/Kota di Provinsi Kalsel dengan Kepala BPK RI Perwakilan Provinsi Kalsel, Tornanda Syaifullah.

Kepala Perwakilan BPK RI Provinsi Kalimantan Selatan, Tornanda Syaifullah SE MM Ak, dalam sambutannya menyatakan, penyerahan LKPD dan LHP merupakan kewajiban Kepala Daerah yang sesuai dengan amanat undang-undang dan wajib diserahkan tiga bulan setelah tahun anggaran yang bersangkutan berakhir serta nantinya BPK akan menyampaikan hasil pemeriksaannya pada akhir Mei nanti.

Menurut Tornanda, kinerja pemerintah kabupaten/kota dalam memperoleh opini WTP merupakan upaya untuk memenuhi standar kewajaran dalam pengelolaan laporan keuangan. “Perolehan opini WTP ini harus sejalan dengan meningkatnya kesejahteraan masyarakat,” tuturnya. Selain itu juga, Tornanda juga mengatakan bahwa Kalimantan Selatan merupakan satu-satunya provinsi yang pada tahun lalu seluruh kabupaten/kotanya meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) untuk pengelolaan keuangan daerah.

Dalam sambutannya,  Gubernur Kalsel, H Sahbirin Noor menyampaikan pemeriksaan LKPD bukan mencari kelemahan namun memberikan masukan untuk perbaikan LKPD di masa yang akan datang. Menurut H Sahbirin, semua rekomendasi akan diperhatikan dan diharapkan, mampu melahirkan laporan keuangan yang lebih berkualitas lagi. Tak lupa Beliau menyampaikan rasa syukur Provinsi Kalsel mampu menjadi satu-satunya provinsi yang seluruh Kabupaten/Kotanya mendapatkan opini WTP untuk laporan keuangan tahun lalu.

“Kami menyadari, pemeriksaan keuangan bukan untuk mencari kesalahan dan kekurangan, tetapi lebih sebagai upaya menghasilkan masukan dan saran guna memperbaiki pengelolaan keuangan pemerintah daerah,” ujar Gubernur Kalsel.

Pemangku Kepala Daerah yang akrab disapa Paman Birin ini berharap, seluruh Kabupaten dan Kota di Provinsi Kalsel selalu kooperatif dan mampu mempertahankan opini positif pada laporan keuangan didaerah kabupaten dan kota. (zaky-tpn)

232 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Check Also

Penangguhan Ditolak, Terdakwa Minta Waktu Jadwal Sidang Dipercepat

BANJARMASIN, SuaraBorneo – Pengacara terdakwa Ali M SH da rekan, seolah tak ingin perjuangannya sia-sia …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.