Polres HST Gelar Latihan Dalmas, Antisipasi Hura Hara

image

Suaraborneo.com, BARABAI – Polres Hulu Sungai Tengah, di halaman Mako Polres HST telah digelar latihan pengendalian masyarakat (Dalmas), Kamis (05/04), sekitar jam 08.45 Wita. Latihan Dalmas tersebut dipimpin oleh KBO Sat Sabhara Polres HST, Ipda Ajidannor, yang didampingi Danton Dalmas, Aipda Indriyanto SH, Instruktur Dalmas, Bripka Syahrani S.Pd, dan Brigadir Angga Kurnia H.

Dalam kegiatan Latihan Dalmas ini diikuti oleh satu Pleton Dalmas Inti, tiga Pleton Dalmas kerangka, satu pleton dalmas tali, satu pleton raimas dan satu pleton tenda. Rangkaian kegiatan berupa latihan formasi dalmas dan latihan bongkar pasang tenda.“Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan anggota dan kesiapan dalam menanggani huru hara,” kata Kapolres HST. AKBP Sabana Atmojo SIK MH.

Latihan Dalmas ini merupakan kegiatan rutin sesuai dengan waktu yang ditentukan serta dilakukan secara terus menerus dan berkelanjutan. Diharapkan dengan adanya latihan tersebut, anggota mendapatkan gambaran apa yang akan dilakukan untuk menghalau massa dan mengantisipasi kemungkinan terburuk jika terjadi bentrok massa.

“Dengan seringnya dilaksanakan latihan, maka personel akan mudah dan lancar untuk melakukan pengamanan terhadap massa yang melakukan aksi unjuk rasa” jelas Sabana.

Personil Dalmas ini dipersiapkan untuk menghadapi demonstrasi yang menerjunkan massa dengan jumlah besar serta mengantisipasi terjadinya anarkis. Sehingga dengan banyak latihan, maka para personil Dalmas akan mudah menghalau massa serta menjadi personil yang terlatih, tangguh dan bertanggung jawab dalam menjalankan tugas pengamanan unjuk rasa.“Semua ini dipersiapkan untuk menjaga keamanan dan ketertiban di wilayah kabupaten HST agar tetap aman dan kondusif” ungkap Sabana. (adw/humpolres-hst/wa-hst)

Check Also

Abidin HH Komandoi Tim Pemenangan Probowo-Sandi di Kalsel

BANJARMASIN – Badan Pemenangan calon Presiden dan Wakil Presiden nomor urut 2, Prabowo-Sandi untuk Kalimantan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.