Kamis , Juli 19 2018

Tidak Kuorum, Rapat Hak Angket Pansus DPRD Banjar Kembali Gagal

image

Suaraborneo.com, MARTAPURA – Kedua kalinya Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Banjar yang mengagendakan penyampaian laporan Pansus hak angket, kembali tak terlaksana digelar. Sebelumnya, sidang Paripurna digelar pada Senin (26/03) lalu juga tertunda yang hanya 10 orang anggota berhadir.

Rapat Paripurna pada Senin (09/04) yang seharusnya dihadiri 45 orang, namun hanya diikuti 19 anggota dewan. Ketua pimpinan rapat, Saidan Pahmi, mengetukkan palunya sebagai tanda sidang di skor  selama 2 x 10 menit, namun hingga waktu ditentukan dan skor dicabut, namun tetap saja para wakil rakyat tidak memenuhi kuorum karena banyaknya wakil rakyat kabupaten Banjar itu tidak  berhadir.

Hingga rapat Paripurna-pun ditutup oleh pimpinan dewan. Yang sebelumnya mendapat interupsi dari anggota DPRD Banjar dari Fraksi Persatuan Pembangunan Amanat Sejahtera (FPPAS), H Jum’ani, politi PKS ini  menyesalkan banyaknya yang absen koleganya, sehingga berdampak pada terus tertundanya agenda rapat Paripurna di DPRD kabupaten Banjar. Padahal katanya, Badan Musyawaran (Banmus) DPRD Banjar sudah bersusah payah menyusun agenda rapat Paripurna.

Interupsi juga di sampaikan Ketua Fraksi PDIP DPRD Banjar, Ganal Abduk Nasser, pun  memprotes pimpinan dewan agar tak menggabungkan agenda pembacaan hasil penyelidikan pansus hak angket dengan agenda lain, katanya seraya menyebutkan usulannya demi memudahkan jalannya rapat Paripurna.

Sementara Ketua Pansus Hak Angket DPRD Banjarmasin, Akhmad Rozanie dari partai Nasdem ini angkat bicara bahwa tak masalah jika agenda rapat Paripurna untuk penyampaian hasil penyelidikan pansus terus ditunda, karena tak terpenuhinya kuorum, dan pihaknya tetap berjalan, karena hasil penyelidikan Pansus Hak Angket adalah proses politik. Katanya seusai rapat paripurna, seraya juga ,politikus Nasdem menambahkan bahwa amanah peraturan Perundang-Undangan, Pansus Hak Angket DPRD Banjar sudah menjalankan tugasnya.

Ditempali pula oleh Wakil Ketua DPRD Kabupaten Banjar Saidan Pahmi, bahwa ia memastikan akan kembali mengagendakan rapat Paripurna yang dua kali gagal bagi penyampaian hasil penyelidikan Pansus Hak Angket. Dan terus dan akan kembali dibahas dan diagendakan dalam rapat Banmus DPRD Banjar agar bisa tuntas, pungkasnya.

Dengan sering tertundanya sidang Paripurna yang dikarenakan banyaknya anggota dewan tidak berhadir yang diduga sebuah kesengajaan dengan tujuan mengulur-ulur waktu permasalahan hak angket, patut dipertanyakan kredibilitas para anggota DPRD Kabupaten Banjar. (aha-bjb)

Check Also

Membanggakan, Siswi SMAN 1 Kahayan Hilir Ini Akan Kibarkan Sang Saka di Istana

PULANG PISAU, SuaraBorneo.com – Banggalah Pulang Pisau memiliki Lili Alvia. Pelajar SMAN 1 Kahayan Hilir …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!