Pengembangan SDM Bagian Bela Negara dari NKRI

Suaraborneo.com BANJARMASIN – Badan Kesbangpol Kota Banjarmasin menggelar kegiatan Sosialisasi Peningkatan dan Perkuatan Kesadaran Bela Negara Kota Banjarmasin, Selasa (10/04). Kegiatan bertujuan mengajak seluruh elemen masyarakat meningkatkan dan memperkuatan pertahanan terhadap bela negara itu, dibuka secara resmi oleh Assisten Bidang Pemerintahan dan Sosial Setda Kota Banjarmasin Gazi Akhmadi mewakili Walikota Banjarmasin H Ibnu Sina.

 

Dalam sambutannya, H Ibnu Sina mengatakan, bela negara, merupakan bagian dari pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) yang kini tengah dicanangkan pemerintah pusat. Untuk itu, katanya, hendaknya dapat dipedomani dalam pengamalan nilai-nilai perjuangan bangsa, untuk mempertahankan keutuhan NKRI.


Lebih lanjut dikatakannya, nilai-nilai bela negara itu tidak hanya didasari oleh kegiatan fisik semata atau yang identik dengan angkat bersenjata saja. Namun, terangnya, bela negara merupakan bagian dari pembinaan mental, karakter dan paradigma masyarakat, sehingga mempunyai pengetahuan, kemampuan dan keterampilan.


Tujuan lain dari kegiatan yang dilaksanakan di Aula Pendidikan dan pelatihan Kota Banjarmasin ini, jelasnya, untuk membentuk sumber daya manusia yang berkarakter, berdisiplin dan beretika.


Pemimpin Bumi Kayuh Baimbai inipun berharap melalui kegiatan sosialisasi peningkatan dan perkuatan kesadaran bela negara lingkup Kota Banjarmasin ini, dapat dimanfaatkan untuk memperoleh pengetahuan yang profesional dan berdedikasi, serta dapat membentengi diri dengan kekuatan mental yang tangguh.

 

“Saya menekankan dan mengingatkan kepada kita semua, marilah kita belajar dan bekerja secara terus-menerus, serta bersungguh-sungguh, berangkat dari hati yang suci dan ikhlas, agar apa yang kita harapkan yaitu masyarakat yang mandiri, sejahtera lahir batin dapat terwujud dengan kekuatan pemerintahan yang amanah, sesuai visi Kota Banjarmasin Baiman (Barasih wan Nyaman),” ucapnya.


Harapan lain yang disampaikannya dalam kegiatan yang dihadiri Parpol, Ormas, LSM, Ormas Pemuda, Organisasi Pers, Lembaga Sosial, Organisasi Profesi, Pendidikan Non Formal, Dewan Kelurahan, dan Organisasi Keagamaan, agar kegiatan tersebut dapat disosialisasikannya lagi di lingkungannya masing-masing. “Sehingga nilai-nilai bela negara tetap menjadi landasan sikap dan perilaku kita semua dalam kehidupan sehari-hari,” harapnya. (adw/humpro-bjm)

Check Also

Peringati Hari Juang Kartika, Kodim 1007/Banjarmasin Gelar Pengobatan dan Sunatan Massal

BANJARMASIN – Peringati Hari Juang Kartika Tahun 2018, Kodim 1007/Banjarmasin Korem 101/Antasari gelar bhakti sosial …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.