Kamis , Juli 19 2018

16 Orang Pelaku Perampokan di Balangan, Sekap 15 Orang Penghuni Rumah

 

Suaraborneo.com, BALANGAN – Giat Unit Buser Res Balangan dan Sek Paringin dalam ungkap TP Pencurian dengan kekerasan di sarang walet milik Mahriati (46), Selasa (10/04), Desa Halubau Utara Rt 03 Kecamatan Paringin Selatan Kabupaten Balangan, Kalsel.

Kronologis, Mahriati sedang beristirahat d rumah tiba-tiba ada mendengar suara kaca yang pecah, kemudian pelapor terbangun dan memeriksa serta membangunkan keluarga lain sedang tidur, kemudian terdengar lagi suara kaca pecah jendela depan. Sewaktu suami Pelapor akan memeriksa keluar langsung disemprot dengan menggunakan gas air mata oleh pelaku,  kemudian ditodong dengan sebilah parang.

Kemudian pelaku lainnya yang berjumlah sekitar lebih dari 15 orang menyekap seluruh anggota keluarga korban dengan cara diikat dan diancam dan akan dibunuh jika berteriak, kemudian pelaku meminta semua handphone dikumpulkan. Kemudian pelaku lainnya meminta barang berharga yang ada pada pelapor untuk diserahkn, lalu korban mnyerahkan 1 (satu)  buah gelang emas poles berat 11 gram, 2 (dua) buah cincin emas poles seharga Rp 300 ribu, 1 (satu)  buah Hp Nokia warna hitam, 1 (satu)  buah Hp merk Evercross hitam, 1 (satu)  buah Hp merk Advan hitam.

Kemudian pelaku lainnya juga menyekat orang yang tinggal disekitar lokasi tersebut dan total yang disekap sebanyak 9 orang dan salah satu wanita yang disekap mau diperkosa oleh para pelaku, pada saat itu pelaku mengatakan akan mencuri dua buah sarang walet yang ada dilokasi dan semua pelaku menggunakan topeng, pada saat pelaku menjalankan aksinya masuk kedalam sarang walet, tidak lama kemudian anggota Kepolisian datang kelokasi setelah mendapatkan informasi bahwa telah terjadi sesuatu yg mencurigakan di lokasi sarang burung walet dan pada saat itu juga semua pelaku langsung berlari menuju kearah kebun karet tepat d belakang lokasi sarang burung.

Barang bukti yang ditemukan di TKP, 3 (tiga) bilah batang kayu diduga dipergunakan pelaku mendobrak kaca dan pintu rumah, ‎6 (enam)  pasang sandal milik pelaku, 1 (satu)  buah sepatu sebelah kiri milik pelaku, 1 (satu)  buah topi warna hitam, 3 (tiga) buah kotak Hp, 1(satu) buah mesin penyimpan rekaman CCTV, 1 buah Kapak, 1 buah linggis

Berdasrkan laporan diatas team gabungan dari Polsek Paringin dan Buser Res Balangan melakukan pengejaran terhadap pelaku kemudian Rabu 11 April 2018 skj 02.00 melakukan penangkapan terhadap pelaku sebanyak 2 orang, MS (34) dan RJ (25), di Desa Halubau Kecamatan Parsel Kabupaten Balangan dan hasil ditemukan BB berupa kelengkapan digunakan melakukan pencurian sarang walet karena pada saat dilakukan penangkapan pelaku mencoba melarikan diri, kemudian dilakukan tindakan tegas dan terukur dengan cara dilumpuhkan dibagian kaki. Kemudian pelaku dan BB diamankan ke Res Balangan guna pengembangan lebih lanjut.

 

Pelaku menjelaskan bahwa saat melakukan pencurian tersebut jumlah pelaku seluruhnya 16 orang dan semua menggunakan penutup wajah/ topeng, para pelaku lainnya datang menggunakan 1 unit Mobil Jenis Avanza warna hitam, para pelaku sebagian tidak saling kenal satu sama lainnya, tujuan pelaku datang ke lokasi untuk mencuri sarang walet. Saat ini team gabungan masih melakukan pengembangan dan pengejaran terhadap para pelaku yang berhasil melarikan diri dan untuk identitasnya sudah sebagian diketahui. (adw/humpolres-blg)

Check Also

Membanggakan, Siswi SMAN 1 Kahayan Hilir Ini Akan Kibarkan Sang Saka di Istana

PULANG PISAU, SuaraBorneo.com – Banggalah Pulang Pisau memiliki Lili Alvia. Pelajar SMAN 1 Kahayan Hilir …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!