Nasi Kebuli Pecahkan Muri di Harjad 19 Kota Banjarbaru

 Daerah, Umum, Wisata & Budaya

image

Suaraborneo.com, BANJARBARU – Dua tahun yang lalu kita canangkan Nasi Kabuli sebagai ‘Food’nya Banjarbaru dan di Hari Jadi (Harjad) ke-19 Banjarbaru ini,  kita mencatatkan rekor MURI Sajian Nasi Kabuli Terbanyak se Indonesia dengan jumlah sajian sebanyak 7019 bungkus.

“Ini adalah bentuk kecintaan kita kepada Banjarbaru dan upaya kita untuk semakin memperkenalkan Banjarbaru dengan semua potensinya. Terimaksih kepada semua pihak yg telah mendukung Pembuatan Rekor ini,” kata Nadjmi Ahdani.

Nasi Kebuli sebanyak 7.019 bungkus di Ajang Harjad Banjarbaru pecahkan Rekor MURI. Penyajian terbanyak nasi kebuli berhasil mendapatkan rekor MURI, tambah Nadjmi Ahdani.

Di Harjad Banjarbaru ke-19 suatu yang istemewa mendapatkan kado spesial dari Museum Rekor Republik Indonesia (MURI).

Dipuncak Harjad diajang pemecahan rekor MURI sajian nasi kebuli terbanyak di Indonesia yang digelar di halaman Balaikota Pemko Banjarbaru, Minggu (22/04), berhasil menyambit pengakuan rekor nasional.

Ada sebanyak 7.019 sajian nasi kebuli yang disusun di halaman kantor walikota bersamaan dengan car free day di Lapangan Murjani. Rekor yang di pecahkan ini disaksikan langsung oleh Senior Manager MURI Yusuf Ngardi, Walikota Banjarbaru H Nadjmi Adhani, Wakil Walikota Darmawan Jaya Setiawan, dan Ketua DPRD Banjarbaru AR Iwansyah.

Rangkaian Kegiatan Harjad Kota ke-19 yang mengangkat inovasi warga Banjarbaru ini tak ayal menjadi perhatian masyarakat kota Banjarbaru dan sekitarnya  yang menyaksikan  di lapangan Murjani.  Sejak awal sebelum dilakukan penilaian oleh tim MURI, masyarakat telah berkumpul untuk menunggu pembagian nasi yang akan dilakukan di usai acara.

Kontan  saja, setelah dilakukan penghitungan dan dinyatakan memecahkan rekor nasional, warga pun bersorak dengan bangganya. Nadji Adhani menjelaskan, bahwa rekor tersebut dipersembahkan kepada warga Kota Banjarbaru. “Ini juga sekaligus memperkenalkan kuliner asli daerah,” katanya.

Sebelumnya, di ajang yang sama juga sebelumnya pada tahun 2017. Namun pada saat itu, hanya sajian nasi kebuli terbanyak, tapi terpanjang.

Seusai diumumkan bahwa telah rekor diraih, ribuan nasi kebuli diatas meja yang menumpuk itu hanya dalam waktu singkat langsung diperebutkan oleh masyarakat.  7.019 nasi kebuli itupun ludes tak bersisa.

Adapun perbedaan dengan nasi kebuli dengan daerah lain adalah, nasi kebuli Banjarbaru tampil dengan topping rabuk ikan haruan atau gabus. dan diberi irisan tipis telur dadar serta tambahan mageli. Beras yang digunakan pun merupakan beras Banjar yang kecil-kecil sehingga tidak menggumpal. (aha/gt.irw-bjb)

Related search

    No internet connection No internet connection

Related Posts