Birin: Pengusaha Harus Utamakan Pekerja Lokal

image

Suaraborneo.com, BANJARMASIN – Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor meminta pengusaha di Bumi Antasari untuk mengutamakan masyarakat lokal yang diterima bekerja diperusahaan ketimbang buruh yang berasal dari luar negeri atau pekerja asing.

“Buruh lokal menjadi yang utama bagi pengusaha untuk diterima bekerja. Para pengusaha saya minta bisa memahami buruh disini yang diutamakan,” ujar gubernur kepada wartawan usai menghadiri acara Gerak Jalan Sehat Hari Buruh Internasional di Siring Nol Kilometer, Senin (01/05).

Gubernur menilai kesejahteraan buruh di Kalsel dari tahun ketahun terus meningkat. “Semangat hari buruh menginspirasi kita semua untuk memperjuangkan kesejahteraan buruh yang semakin meningkat, saya bangga dengan semangat buruh di Kalimantan Selatan,” ujarnya.

Sebagai bentuk apresiasi kepada kaum buruh, dalam kesempatan gerak jalan tersebut, Sahbirin menyumbangkan hadiah tambahan berupa sepeda motor sebagai door prize dan uang Rp10 juta.

Sementara itu ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia (APINDO) Kalimantan Selatan Supriadi mengatakan, serbuan pekerja asing yang masuk ke Kalimantan Selatan yang selama ini menjadi kekhawatiran sebagian kalangan masih dalam tahap wajar.

“Saya kira untuk di Kalsel pekerja asing masih tahap kewajaran dan belum mengkhawatirkan. Perusahaan yang mempekerjakan tenaga asing semua sesuai prosedural,” ujarnya.

Meski demikian, Supriadi menghimbau kepada para pengusaha dan buruh lokal untuk terus melakukan pengawasan yang lebih ketat agar pekerja asing jangan sampai masuk secara ilegal.

Untuk kesejahteraan buruh sendiri, Supriadi menilai sudah semakin membaik. “Dalam dua tahun terakhir harga batubara terus membaik, tentu saja ini berimbas dengan semakin membaiknya pertumbuhan perekonomian di Kalsel dan berdampak juga bagi kesejahteraan pekerja,” pungkasnya. (adw/ans)

198 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Check Also

Dump Truk Hantam Jembatan Sepapan Sanjan Emberas, Alami Laka Tunggal

SANGGAU, SuaraBorneo – Kecelakaan lalu lintas yang terjadi tepatnya di jembatan sepapan Dusun Sanjan Emberas,Desa …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.