Sosialisasi dan Pembentukan Kelompok Informasi Masyarakat di Kota Banjarbaru

Suaraborneo.com,- BANJARBARU – Kelurahan Syamsudin Noor dengan Difasilitasi  oleh Tim Pembentuk dan Pembina Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) dari Diskominfo Kota Banjarbaru, mengadakan Sosialisasi  dan Pembentukan Kelompok Informasi Masyarakat.    Maksud dari sosialisasi ini adalah membentuk suatu kelompok informasi masyarakat yang dapat menyampaikan informasi secara riil dan akurat. Dengan terbentuknya suatu kelompok informasi masyarakat (KIM) sebagai agen informasi yang berperan aktif mendistribusikan informasi yang perlu diketahui oleh masyarakat.

KIM adalah, Lembaga layanan publik yang dibentuk dan dikelola dari, oleh, dan untuk masyarakat yang berorientasi pada layanan informasi dan pemberdayaan masyarakat sesuai kebutuhannya terletak di perkotaan/pedesaan beranggotakan 3 (tiga) sampai 30 (tiga puluh) orang dapat terdiri dari remaja, orang dewasa/tua, laki-laki atau perempuan, Pelajar atau mahasiswa, pedagang, petani atau nelayan, dan lainnya.

Dengan tujuan KIM yaitu: Menemukan masalah bersama melalui diskusi dengan anggota kelompok. Mengenali cara pemecahan masalah. Membuat keputusan bersama. Melaksanakan keputusan dengan kerjasama. Mengembangkan jaringan informasi untuk memecahkan masalah dan memenuhi kebutuhan.

Bertugas, mewujudkan masyarakat yang aktif, peduli, peka dan memahami informasi. Memberdayakan masyarakat agar dapat memilah dan memilih informasi yang dibutuhkan dan bermanfaat. Mewujudkan jaringan informasi serta media komunikasi dua arah antara masyarakat dengan masyarakat maupun dengan pihak lainnya. Menghubungkan satu kelompok masyarakat dengan kelompok yang lainnya untuk mewujudkan kebersamaan, kesatuan dan persatuan bangsa.

Hingga berfungsi, sebagai wahana informasi. Antar anggota KIM secara horisontal. Dari KIM ke pemerintah secara bottom up. Dari pemerintah kepada masyarakat secara top down. Sebagai mitra dialog dengan Pemerintah, Pemda Provinsi dan Pemda Kabupaten/Kota dalam merumuskan kebijakan publik. Sarana peningkatan literasi masyarakat di bidang informasi dan media massa serta teknologi informasi dan komunikasi di kalangan anggota KIM dan masyarakat. Sebagai lembaga yang memiliki nilai ekonomi. (aha/kominfo-bjb)

184 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Check Also

Dump Truk Hantam Jembatan Sepapan Sanjan Emberas, Alami Laka Tunggal

SANGGAU, SuaraBorneo – Kecelakaan lalu lintas yang terjadi tepatnya di jembatan sepapan Dusun Sanjan Emberas,Desa …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.