Kepala Sekolah SMAN 10 dan Wakilnya Dijatuhi Vonis Percobaan 2 Tahun

image

Suaraborneo.com, BANJARMASIN – Satu keputusan atau vonis yang sangat berani diambil oleh Majelis Hakim Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Banjarmasin yang dipimpin oleh Hakim Affandi. Vonis Percobaan yang dijatuhkan kepada Terdakwa Kepala Sekolah ┬áSMA Negeri 10 Banjarmasin, H Gazali beserta Wakilnya M Kastalani.

Vonis yang dijatuhkan ini jauh lebih rendah dari Tuntutan Jaksa Penuntut Umum (JPU) Nanti yang menuntut kedua terdakwa ini dengan masing masing tuntutan hukum selama 18 bulan. Pada sidang lanjutan kemarin Kamis (04/05) memvonis kedua terdakwa tersebut dengan tuntutan selama 1 tahun dengan masa percobaan selama 2 tahun.

Selain itu juga majelis Hakim menetapkan terdakwa untuk membayar denda sebesar Rp50 juta, subsider selama 4 bulan disamping itu uang yang telah diterima harus segera untuk dikembalikan kepada orang tua murid, tampak wajah terlihat ceria dikedua terdakwa itu setelah mendengar atas putusan Hakim tersebut, setelah mendengar putusan tersebut Penasehat Hukum terdakwa Marudut Tambulon menyatakan pikir-pikir atas putusan tersebut.

Sementara JPU, Nani yang juga mewakili para rekan-rekannya juga masih menyatakan pikir-pikir karena banyak terdapat perbedaan yang sangat mencolok antara Tuntutan dan Vonis.

Kedua terdakwa telah bersalah melanggar pasal 11 UURI No.31 tahun 1999 dan ditambah pada UU.No 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi Jo Pasal 64 ayat (1) Jo Pasal 55 ayat (1) KUHP.

H Gazali menjelaskan kepada para awak media bahwa beliau merasa sangat bersyukur dengan Vonis ini serta berusaha tidak akan mengulangi kembali atas hal yang sama, untuk saat ini saya sudah berstatus sebagai guru biasa bukan kepala sekolah lagi disekolah tersebut, terangnya.

Pungutan yang telah dilakukan oleh kedua terdakwa tersebut kepada orang tua murid baru jumlahnya mencapai sekitar Rp 125.320.000, adapun pungutan yang dilakukan oleh terdakwa kepada orang tua murid baru berkisar dari antara Rp500 ribu sampai berkisar Rp5 juta dengan peruntukan untuk merehab lapangan olah raga. (adw/gt.irw)

296 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Check Also

UPZ Bank Kalsel Berbagi Ramadhan, Salurkan Zakat dan Sunnatan Massal

BANJARMASIN, SuaraBorneo.com – Bank Kalsel di bulan suci Ramadhan yang penuh berkah, berlomba-lomba mencari segala …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.