Menjaga Harmonisasi di Tahun Politik, FKUB Gelar Rakor se Kalsel

 Umum

image

Suaraborneo.com, BANJARMASIN – Untuk terus meningkatkan dan memupuk  kerukunan antar umat beragama di Kalimantan Selatan, Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Provinsi Kalsel kembali melakukan agenda tahunan yaitu rapat koordinasi yang diikuti seluruh pimpinan FKUB di 13 kabupaten dan kota se Kalimantan Selatan, Sabtu (05/05).

Acara yang berlangsung di Hotel Aria Barito tersebut dibuka Asisten III bidang administrasi umum Provinsi Kalsel, Syamsir Rahman. “Rapat ini dihadiri pengurus FKUB kabupaten kota se Kalsel. Kali ini tema yang diangkat adalah “Meningkatkan peran FKUB dalam rangka menjaga harmonisasi umat menuju suksesnya Pilkada serentak 2018 dan pemilu tahun 2019″. Tema ini diambil karena tahun ini bertepatan pilkada di empat kabupaten di Kalsel dan menyongsong pilpres 2019,” ujar Ketua pelaksana kegiatan, Ilham Masykuri Hamdi.

Sementara itu, ketua FKUB Kalsel, Mirhan mengatakan, Rakorda ini diadakan dengan tujuan utama adalah untuk menjaga harmonisasi di tahun politik. Terlebih menjelang pilkada dan pilpres biasanya suhu politik dimasyarakat cenderung meningkat dan berpotensi menimbulkan perpecahan.

“Kami memberikan pembekalan kepada para peserta sebagai bentuk antisipasi. Mari kita jaga terus harmonisasi antar umat beragama di Kalsel yang selama ini terus berjalan dengan harmonis,” ujarnya.

Sementara itu, Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Samsir Rahman mengharapkan FKUB hendaknya dapat terus mengembangkan perannya. Bukan hanya meningkatkan kesadaran dan kepedulian kepada masyarakat dan menjadi obyek semata, namun juga sebagai subyek dan dapat memberikan keteladanan dalam persatuan dan kesatuan. “Melalui rapat koordinasi ini saya harapkan bisa mendapatkan sejumlah rekomendasi dalam mencapai kedamaian dan kerukunan di masyarakat,” ujar gubernur. (adw/ans)

Related search

    No internet connection No internet connection

Related Posts