Presiden Jokowi Akan Buka Ijtima Ulama ke-6 di Banjarbaru

imageSuaraborneo.com, BANJARBARU – Presiden Joko Widodo dijadwalkan datang ke Bumi Lambung Mangkurat Kalsel. Jokowi diagendakan akan membuka Ijtima Ulama ke-6 yang dilaksanakan di Komplek Pesantren Al Falah, Banjarbaru, Senin (08/05) mendatang.

Ketua Pelaksana Ijtima Ulama ke-6, Prof Hafiz Anshary mengungkapkan bahwa Presiden akan membuka agenda ini secara khusus. Meski sebutnya, kepastian hal ini masih menunggu hasil koordinasi lanjutan dengan Sekretariat Negara.

“Dijadwalkan pembukaan akan dibuka oleh Presiden RI. Sedangkan penutupan diagendakan Wakil Presiden,” ungkap Prof Hafiz.

Ditambahkannya, hingga saat ini sebanyak 775 peserta sudah memastikan hadir pada kegiatan tersebut. Pihaknya menargetkan 1.000 orang lebih yang akan berhadir, termasuk pendamping. “Penginapan untuk tamu undangan sudah disiapkan di Asrama Haji Embarkasi Banjarmasin”.

Pada Ijtima Ulama ke-6 tahun ini, ada tiga pokok besar materi yang akan dibahas. Yakni, tentang masalah-masalah asas dalam berkehidupan bernegara. Kedua, tentang fiqih-fiqih kontemporer yang menyelimuti kehidupan umat di dalam bernegara. Ketiga, soal masalah perundang-undangan.

Dari tiga hal tersebut akan diturunkan beberapa topik, antara lain fatwa menjaga negara dan bela negara, penguatan kerukunan Ukhuwah Islamiah, pemberdayaan ekonomi umat. Kemudian politisasi agama, transparansi perpajakan. “Hingga hak kepemilikan lahan dan terkait zakat, bantuan hukum dan pendapatan zakat,” katanya menjelaskan.

Selain itu, tambah Wakil Ketua MUI Kalsel ini, acara itu akan membahas pula persoalan haji yang meliputi pengalokasian bidang haji, kesehatan haji, penggunaan darah dalam obat-obatan, dan kandungan alkohol dalam obat dan lainnya. “Akan dibahas pula soal fatwa donor organ dan LGBT,” tandasnya.

Sementara Sekretaris Umum MUI Kalsel Fadly Mansoer menyambut baik kegiatan yang juga didukung penuh oleh Pemprov Kalsel ini. Menurutnya, Kalsel mendapat kesempatan yang luar biasa dan sangat membanggakan sudah dipilih sebagai tempat diadakannya Ijtima Ulama Komisi Fatwa Majelis Ulama Indonesia ke-6. “Ini kesempatan besar bagi Kalsel untuk memperkenalkan budaya Islami yang kita miliki,” pungkasnya. (aha-bjb)

143 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Check Also

Jajaran PDAM Kapuas Gelar Buka Bersama

KUALA KAPUAS, SuaraBorneo.com – Jajaran keluarga besar Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kabupaten Kapuas Kalimantan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.