PLN Tidak Bertanggung Jawab, LSM di Kalsel akan Demo Besar-Besaran

image

Ket Foto: Anang Tony

SuaraBorneo.com, BANJARMASIN – PT PLN Cabang Banjarmasin diwanti-wanti untuk segera menuntaskan kasus tewasnya pekerja kontraktor listrik PT Auraco Insan Borneo, Syaifullah alias Bolot saat bekerja memasang jaringan listrik baru diĀ  Jalan Lingkar Dalam Kelayan Luar Banjarmasin Timur, Rabu (6/05/2018) lalu.

“PLN kami minta untuk bertanggung jawab atas peristiwa yang merenggut nyawa ini. Bila tidak, maka kami dari gabungan Lembaga Swadaya Masyarakat di Kalimantan Selatan akan melakukan demo besar-besaran ke kantor PLN Cabang Banjarmasin,” ujar Ketua Pemberantasan Untuk Korupsi dan Lingkungan (PUKOL) Kalsel, Anang Tony kepada awak media, Selasa (08/05).

Anang Tony bertutur, pihaknya sudah melakukan investigasi ke lapangan. Hasil dari investasi didapati adanya unsur kesalahan prosedur dalam pengerjaan. “Kan aneh, disaat melakukan pemasangan baru kenapa ada aliran listrik sehingga pekerja kesetrum. Itukan jaringan baru, kenapa ada aliran listrik,” ujarnya berapi-api.

Menurut sumber dilapangan, lanjut Anang Tony, ternyata pekerjaan pemasangan Saluran Udara Tegangan Menengah (SUTM) diduga disuntik sementara dengan tegangan 220 volt dengan alasan material yang dipasang sering kecurian.

“Dari catatan kami, peristiwa ini bukan yang pertama kalinya. Peristiwa serupa juga pernah terjadi di Batulicin Tanah Bumbu dan Martapura Kabupaten Banjar. Ini artinya pekerjaan penuh riseko ini tidak dilakukan pengawasan yang ketat oleh pihak PLN sebagai pemberi kerja. Semoga ini inseden terakhir dan tidak akan pernah terulang lagi,” ujar Anang Tony dengan nada geram.

Anang Tony mengancam akan melakukan demo besar – besaran bersama LSM yang tergabung dalam Koalisi LSM di Kalimantan Selatan jika PLN tidak transparan kepada publik dalam soal penanganan pasca kejadian.

“Dalam melakukan pekerjaan korban Syaifullah telah memenuhi K3 dalam bekerja, PLN tidak cukup hanya menyantuni keluarga korban. Sebab, peristiwa ini mengakibatkan trauma mendalam bagi keluarga korban. Sekali lagi saya ingatkan, jika PLN tidak bisa menuntaskan masalah ini kami akan demo besar-besaran,” tandasnya. (adw/ans)

244 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Check Also

UPZ Bank Kalsel Berbagi Ramadhan, Salurkan Zakat dan Sunnatan Massal

BANJARMASIN, SuaraBorneo.com – Bank Kalsel di bulan suci Ramadhan yang penuh berkah, berlomba-lomba mencari segala …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.