Apel Gelar Senja Anak Pramuka, Merangsang Bakat Lebih Kreatif

image

SuaraBorneo.com, BANJARMASIN – Empat cabang lomba yang diikuti sejumlah sekolah dasar di kawasan Kecamatan Banjarmasin Barat, selesai digelar. Karenanya, dalam kegiatan apel penurunan bendera merah putih, di halaman Balai Kota Banjarmasin, beberapa sekolah yang ikut dalam kegiatan perlombaan tersebut berhak mendapatkan tropy.


Adapun pemenang dalam lomba tersebut diantaranya, SDN Basirih 3 sebagai pemenang pertama dalam Lomba Rangking 1 putra, sedangkan untuk kategori putrinya keluar sebagai pemenang pertama SDN Telaga Biru 8. 


Kemudian untuk lomba Pionering keluar sebagai pemenang pertama kategori putra adalah SDN Telaga Biru 8, dan untuk kategori putri SDN Teluk Tiram 6. Selanjutnya, untuk Lomba Wide Game, keluar sebagai pemenang pertama kategori putra adalah SDN Basirih 3, dan untuk kategori putri pemenang pertamanya adalah SDN Basirih 3.
Sedangkan untuk lomba yel-yel, keluar sebagai pemenang pertama kategori putra SDN Basirih 3, dan untuk pemenang kategori putri dalam lomba tersebut kembali SDN Basirih 3 sebagai pemenang pertama.


Untuk diketahui, sejak tanggal 13 hingga 15 April 2018, Kwartir Cabang Pramuka Kecamatan Banjarmasin Barat menggelar Lomba Ketangkasan Pramuka Penggalang Tingkat Sekolah Dasar (KP2TSD) se Kecamatan Banjarmasin Barat.


Kegiatan yang melibatkan ratusan orang siswa SD itu dilaksanakan di halaman UPT Disdik Kecamatan Banjarmasin Barat. Sementara itu, untuk kegiatan apel penurunan bendera merah putih, di halaman Balai Kota Banjarmasin, setidaknya dihadiri sekira 800 orang anggota Pramuka se Kota Banjarmasin.


Bertindak sebagai pembina upacara dalam kegiatan tersebut Camat Banjarmasin Barat Hj Karlina. “Terima kasih atas partisipasi semua pihak yang telah mengikuti jalannya kegiatan gelar senja ini. Dan saya lihat betapa semangatnya adik-adik melaksanakan kegiatan ini. Mudah-mudahan kegiatan ini selanjutnya tetap dapat kita laksanakan secara bersama-sama,” ujarnya.


Sekretaris Cabang Gerakan Pramuka Kota Banjarmasin, Sumarno DS berharap, dengan adanya kegiatan apel gelar senja itu, nantinya dapat merangsang bakat dan minat anak-anak kota seribu sungai, agar dapat lebih kreatif. “Kegiatan apel gelar senja itu sendiri dimaksudkan untuk membina, merangsang bakat dan minat anak-anak yang tergabung dalam organisasi kepramukaan, sehingga anak-anak Pramuka di kota ini merasa bakat dan minatnya tersalurkan dengan berbagai kegiatan yang ada di dalam oraganisasi tersebut,” ucapnya, Jumat (11/05).


Dikatakannya lagi, kegiatan gelar senja bulan ini rutin dilaksanakan setiap bulan, dengan tujuan untuk mengingatkan bahwa 17 merupakan angka ‘keramat’ sekaligus bersejarah bagi Bangsa Indonesia. “Memang biasanya kita melaksanakan kegiatan ini setiap tanggal 17. Hal ini kami lakukan untuk mengingatkan anak-anak Pramuka bahwa tanggal 17 itu merupakan tanggal bersejarah bagi bangsa ini, yakni tanggal hari kemerdekaan kita,” jelasnya.


Dari pantauan, sebelum apel Gelar Senja dilaksanakan, para peserta apel terlebih dahulu melaksanakan berbagai atraksi, mulai dari menyanyi hingga membawakan tarian daerah. (adw/humpro-bjm)

Check Also

Apel Gabungan dan Gelar Pasukan Kesiapsiagaan Karhutla di Kabupaten HST

BARABAI – Apel Gabungan dan Gelar Pasukan Kesiapsiagaan Darurat Kabut Asap Akibat Kebakaran Hutan dan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.