Kapolda Kalsel Buka Rakor Satgas Pangan Kalsel

SuaraBorneo.com, BANJARMASIN – Kepala Kepolisian Daerah Kalimantan Selatan Brigjen Pol Drs. Rachmat Mulyana, menghadiri dan membuka Rapat Koordinasi (Rakor) Stabilitas Harga dan Ketersediaan Stock/Pasokan serta Alur Distribusi Bahan Kebutuhan Pokok Masyarakat dan Barang Penting di Kalimantan Selatan, bertempat di Aula Rupatama Mapolda Kalsel, Rabu (16/5) kemarin pukul 14.30 Wita.

Acara yang digagas Kepolisian Daerah Kalimantan Selatan (Polda Kalsel) melalui Direktorat Reserse Kriminal Khusus selaku Ketua Satgas Pangan Kalsel ini dihadiri Kepala Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Kalimantan Selatan, Kepala Bulog Provinsi Kalimantan Selatan, Pejabat Utama Polda Kalsel diantaranya Dir Reskrimsus Polda Kalimantan Selatan Kombes Pol Rizal Irawan, Dir Intelkam Polda Kalsel Kombes Pol Drs. Bambang Priyo Andogo dan Dir Binmas Kombes Pol Drs. Tata Suwarta, serta tamu undangan lainnya.

Rakor yang mengusung tema “Satgas Pangan Kalsel Siap Mengamankan Distribusi dan Ketersediaan Serta Stabilitas Harga Bahan Pokok Menjelang Bulan Suci Ramadhan dan Idul Fitri 1439 H” tersebut bertujuan untuk meningkatkan koordinasi antara Polda Kalsel, Pemerintah daerah, dan para stakeholders lainnya dalam rangka menjaga Stabilitas harga bahan pokok di pasaran menjelang Bulan Suci Ramadhan dan Idul Fitri 1439.

Selain itu untuk mengetahui tingkat perkembangan harga berbagai kebutuhan di pasar terkini sehingga akan diambil langkah-langkah oleh Tim Satgas Pangan apabila ditemukan adanya hal-hal yang melanggar ketentuan perundang-undangan, seperti penimbunan bahan pokok serta kebutuhan pokok masayarakat lainnya.

Satgas Pangan Kalsel ini melibatkan beberapa SKPD, antara lain Dinas Perdagangan dan Perindutrian, Dinas Pertanian, Dinas Kesehatan, Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Kalimantan Selatan, disamping melibatkan Satgas Bulog.

“Atas nama Kepolisian Daerah Kalimantan Selatan, saya berharap adanya sinergitas antara Polda Kalsel, Pemerintah daerah, serta stakeholders lainnya sehingga kita bisa memastikan stok pangan dan kebutuhan masyarakat lainnya bisa terjamin,” terang Kapolda Kalsel Brigjen Pol Drs. Rachmat Mulyana dalam sambutannya.

Kapolda Kalsel menambahkan, Kepolisian sebagai penegak hukum sudah dapat mengantisipasi penimbunan-penimbunan barang, dan tentu akan menindak apabila ditemukan adanya oknum yang melakukan pelanggaran tersebut.

“Kepada Tim Satgas Pangan Kalsel, saya meminta untuk melakukan sidak pasar, selain itu rantai distribusi harus lebih intens dipantau, seperti penyaluran beras dan gas elpiji 3 Kg, agar dilaksanakan tepat sasaran,” tutur Kapolda Kalsel.

Menurut Kapolda Kalsel, adanya Satgas Pangan bukan berarti mengenyampingkan para pelaku usaha, namun kenaikan harga bahan pokok dipasaran diharapkan tidak naik secara drastis dan signifikan menjelang Bulan Suci Ramadhan dan Idul Fitri 1439 H. (ads/humpolda-ksl)

260 kali dilihat, 2 kali dilihat hari ini

Check Also

Ketua KONI Kapuas : Cabor Diminta Tertib Administrasi dan Tingkatkan Prestasi Atlet

KUALA KAPUAS, SuaraBorneo – Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Kapuas, H Saferaniansyah meminta, …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.