Birin Blusukan Sahur Bersama Warga Siap Bersihkan Sungai Alalak

image
SuaraBorneo.com, BATOLA –   Pembawaannya yang low profile membuat Gubernur Kalimantan Selatan, H Sahbirin Noor, mudah akrab dengan siapa pun. Ia seolah tidak berjarak dengan rakyat. Dan sifat itu mengalir apa adanya tanpa dibuat-buat. Maka wajar sosoknya bergitu familiar di berbagai lapisan masyarakat.

Kesederhanaanya itu membuat rakyat tidak sungkan untuk menyampaikan aspirasi terkait harapan atau  keinginan bagi kemajuan pembangunan daerah, terutama aspirasi yang menjadi kepentingan hajat orang banyak.

Seperti saat melakukan silaturahmi dan sahur bersama warga Kompleks Griya Permata, Kecamatan Handil Bakti, Kabupaten Barito Kuala, di Masjid Ashabirin, Minggu (20/5) dini hari, masyarakat menyampaikan aspirasi pentingnya perhatian pemerintah dalam  upaya bersama menjaga dan merawat sungai sebagai salah satu sumber kehidupan.

Salah satunya adalah pentingnya pengerukan Sungai Pinang, yang merupakan anak Sungai Alalak di kawasan permukiman masyarakat. Saat ini permukaan air sungai sudah mulai dangkal akibat banyak gulma dan sampah rumah tangga yang dibuang sembarangan.

“Kebetulan di sini ada Pak Camat dan Lurah, kami masyarakat sangat mengharapkan perhatian pemerintah daerah untuk  memfasilitasi perawatan Sungai Pinang di kawasan permukiman warga, yang saat ini kondisinya sangat dangkal,” ucap Herman, Ketua RT 12, Kompleks Griya Permata.

Diutarakan Herman,  pengerukan sangat penting mengingat kondisi sungai  sekarang hampir mati akibat ditutupi banyak limbah sungai. Dulu beberapa tahun sebelumnya, air sungai cukup jernih dan bisa digunakan untuk kebutuhan masyarakat yang tinggak di area bantaran sungai.

Kondisi sungai saat ini,  sebutnya,  cukup memprihatinkan. Pasalnya, ketebalan gulma atau sampah sungai sudah cukup tebal.  Bahkan bila memasuki kemarau,  sungai bisa diseberangi dengan jalan kaki. Semoga pemerintah bisa membantu mencarikan solusi harapan masyarakat tersebut.

Menyikapi aspirasi masyarakat, Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor,  berharap masyarakat bersama pemerintah daerah setempat melakukan aksi gotong royong untuk membersihkan sungai. Bahkan, dirinya siap kut bergotong royong jika diundang atau diberitahu lebih awal waktu pelaksanaannya.

“Saya pribadi siap ikut bergotong royong membersihkan atau mengeruk sampah sungai. Bisa saja dijadwalkan minggu ketiga setelah lebaran nanti, bersama kita mengangkat limbah sungai,” tandasnya seraya mengajak masyarakat untuk terus menggelorakan semangat gotong royong.

Bagi Paman Birin, sapaan akrabnya, aksi bersama masyarakat membersihkan limbah sungai bukan lah pertama kali. Dalam beberapa kesempatan, dirinya terlihat cekatan tanpa takut kotor ikut bercebur ke sungai bersama masyarakat demi memelihara kebersihan lingkungan sungai. (*/ads)

132 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Check Also

Walikota Banjarmasin Kunjungi Lokasi TMMD ke-105 Kodim 1007/Bjm

BANJARMASIN, SuaraBorneo – Walikota Banjarmasin H Ibnu Sina melakukan kunjungan kerja ke lokasi TMMD ke …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.