Anugerah Jurnalistik, Polri Gelar Lomba Penulisan, Video, Foto dan Karikatur Berhadiah Rp185 Juta

SuaraBorneo.com – Sebagai bentuk kepedulian terhadap jurnalis, Humas Mabes Polri menggelar lomba penulisan, video dan foto bagi wartawan media cetak, elektronik dan online dengan tema  “Mewujudkan Pemilu Damai di Indonesia”.

Dalam siaran pers yang diterima, Selasa (22/5), materi lomba dikirimkan dalam bentuk rekaman video, audio, scan media cetak dan foto yang sudah tayang atau sudah terbit [Maret-Juni 2018] dikirim dengan cara: mengupload materi lomba ke Dropbox atau google drive anda.

Untuk mengikuti lomba, peserta diharapkan mendaftarkan diri melalui, https://humas.polri.go.id/jurnalistik2018 dan masukan link materi pada kolom yang sudah di sediakan lalu klik tombol daftar.

Materi lomba dapat dikirim melalui pos ke alamat panitia lomba karya jurnalistik POLRI d/a Divisi Humas POLRI, Jl. Trunojoyo, Kebayoran Baru Jakarta Selatan 12110.

Materi lomba diterima paling lambat tanggal 23 Juni 2018 [tahapan Pilkada serentak 2018, 15 Februari – 23 Juni Kampanye, 24-26 Juni Masa Tenang, 27 Juni pemungutan dan penghitungan suara di TPS.

Tema Lomba yang disiapkan yakni, Kampanye cerdas anti sara dan anti Hoax, Mari Berpesta demokrasi & menjaga NKRI, Politik cerdas tanpa politik uang, menyambut demokrasi yang jujur dan adil.

Peserta lomba adalah jurnalis media online, cetak, radio, TV dan foto. Peserta lomba harus mengisi formulir pendaftaran dan melampirkan fotokopi scan KTP dan ID Pers. Materi lomba harus berkenaan dengan tema “Bersama POLRI wujudkan Pilkada Damai 2018”.

Hasil karya yang dilombakan telah dipublikasikan di media cetak/online/radio/televise. Rentan waktu pemberitaan [Maret-Juni 2018]. Materi lomba paling lambat diterima panitia tanggal 20 Juni 2018. Materi lomba merupakan karya yang keasliannya dapat dipertanggung jawabkan, bukan saduran, bukan terjemahan. Hasil karya diperbolehkan dalam bahasa Indonesia atau bahasa inggris.

Peserta boleh mengikuti lebih dari satu tema. Peserta lomba harus melampirkan bukti materi lomba telah dipublikasikan di media cetak/online/TV/ dan radio.

Panitia memiliki hak penuh untuk mempublikasikan, memproduksi, menyebarkan dan menampilkan seluruh karya peserta. Keputusan dewan juri tidak dapat diganggu gugat.

Karya jurnalistik tidak/belum pernah diikut sertakan dalam lomba atau sayembara penulisan lain. Karya tulis dilombakan berbentuk indepth reporting dan features.

Naskah adalah artikel berita pada periode 1 Maret – 20 Juni 2018. Isi tulisan/naskah harus sesuai dengan tema yang telah ditetapkan .

Karya tulis minimal 3500 karakter dan maksimal 7000 karakter.  Panitia berhak mempublikasikan kembali naskah peserta dengan mencantumkan media dan penulisannya.

Peserta lomba mengirimkan rekaman video atau audio yang dilombakan dengan logo media beserta surat penayangan dari stasiun TV/Radio yang bersangkutan.

Foto belum pernah diikut sertakan dalam lomba. Foto dikirimkan dalam bentuk soft copy dengan resolusi 3000 pixel dan ukuran file foto minimal 1,5 MB dan maksimal 2 MB dalam format jpeg.

Foto yang dilombakan mesti mencantumkan judul dan keterangan waktu serta lokasi pengambilan foto. Tidak diperbolehkan melakukan manipulasi digital, menambah atau mengurangi objek foto.

Editing yang diperbolehkan sebatas crop, brightness dan contrast. Ketentuan Khusus Lomba Karikatur, Penilaian berdasarkan orisinalitas, kesesuaian dengan tema, kreativitas dan pesan yang disampaikan. Karya tidak boleh mengandung unsur SARA

Gambar boleh berwarna atau hitam putih, Pesan yang disampaikan di dalam karikatur, artistik dan kreativitas, Kesesuaian dengan tema. (ads/humpolda-ksl)

249 kali dilihat, 5 kali dilihat hari ini

Check Also

Pasca Pemilu, Bupati Minta Perangkat Daerah Antisipasi Kerawanan Konflik

KUALA KAPUAS, SuaraBorneo.com – Pasca Pemilu serentak Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat meminta seluruh …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.