Safari Ramadhan Sambil Berbagi Sembako

image

SuaraBorneo.com, BANJARMASIN – Sekira dua ratus paket sembako diserahkan Walikota Banjarmasin H Ibnu Sina kepada kaum dhuafa dan fakir miskin di kecamatan Banjarmasin Tengah. Penyerahan secara simbolis yang diwakili sekira 10 orang kaum dhuafa itu, dengan kegiatan Safari Ramadhan jajaran Pemko Banjarmasin di Masjid Nahdatussalam, di Jalan Cempaka Raya, Kecamatan Banjarmasin Tengah, Senin (21/05).

Selain dihadiri jajaran ASN Pemko Banjarmasin, kegiatan tersebut juga dihadiri Forkopimda Kota Banjarmasin. Dalam kesempatan tersebut, H Ibnu Sina yang baru saja tiba di Bumi Kayuh Baimbai, usai melaksanakan ibadah umroh berharap, ibadah puasa umat muslim di Bulan Ramadhan 1439 H ini dapat lebih baik lagi dari tahun sebelumnya. “Mudah-mudahan ibadah puasa kita tahun ini lebih meningkat, dari puasa awam (golongan umum) menjadi puasa khawashi (puasa tingkatan khusus/istimewa),” harapnya.

H Ibnu Sina juga mengajak kaum muslimin agar di bulan penuh berkah ini lebih meningkatkan keimanan dan ketaqwaan serta meningkatkan kepedulian dengan sesama.

Sementara itu, dalam tausyiahnya, HM Mubarak menjelaskan tentang pengertian golongan puasa yang terdiri dari shoumul ‘awam (puasa golongan umum), yakni puasanya orang yang menahan hawa nafsu dari makan-minum dan kemaluannya.
Kemudian shoumul khawashi (puasa tingkatan khusus/istimewa), katanya, yakni puasanya orang-orang shalih dan matang dalam ilmu agamanya dimana mereka dapat menahan anggota tubuh dari segala macam dosa.

Dan shoumul khawashil khawashi (puasa sangat istimewa) yakni puasanya orang yang menahan hati dari kemauan yang rendah dan dari pemikiran terhadap duniawi, serta menahannya juga pemikiran kepada selain Allah SWT dengan secara keseluruhan. Dan ini adalah martabat puasanya para Nabi dan para Shiddiqiin.

Rangkaian lain dari kegiatan Safari Ramadan tersebut, adalah berbuka puasa bersama yang kemudian dilanjutkan dengan solat magrib berjamaah. (ads/humpro-bjm)

Check Also

Apel Gabungan dan Gelar Pasukan Kesiapsiagaan Karhutla di Kabupaten HST

BARABAI – Apel Gabungan dan Gelar Pasukan Kesiapsiagaan Darurat Kabut Asap Akibat Kebakaran Hutan dan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.