Cegah Pelanggaran Anggota, Propam Polda Kalsel Gelar Gaktibplin

image

SuaraBorneo.com, BANJARMASIN – Kepolisian Daerah Kalimantan Selatan melalui Bidang Propam melaksanakan kegiatan Operasi Gaktibplin anggota di Polsek jajaran Polda Kalsel, Senin (28/5/2018) kemarin.

Kegiatan berupa pengecekan kebersihan dan administrasi dari senpi dan surat nyata diri ini dari anggota Polisi rutin digelar Propam Polda Kalsel sebagai upaya pengendalian terhadap personil Polda Kalsel tak terkecuali anggota Polsek di wilayah terutama dalam penggunaan senjata api dan surat surat kelengkapan anggota Polisi sebagai sarana pelayanan masyarakat.

Menurut Kabid Propam Polda Kalsel AKBP Decky Hendarsono SIK, mengungkapkan kegiatan ini rutin digelar namun pelaksanaanya tidak terjadwal, dan bersifat mendadak. Selain pengecekan penampilan dan kelengkapan surat surat nyata diri, pada pengecekan kali semua senpi inventaris yang dimiliki Polsek Polsek di cek kebersihan dan keterfungsian senjata tersebut,” tegasnya.

“Kami lakukan pengecekan senjata api supaya hasilnya lebih maksimal, jadi jika digunakan sewaktu waktu senjata tersebut berfungsi walau usia senjata tersebut sudah tua,” ucapnya.

Kegiatan yang merupakan agenda rutin Propam setiap bulannya ini guna mengetahui kondisi senpi dan sebagai kontrol serta pengawasan terhadap personel yang memegang senpi.

Selain itu, tak kalah penting, kondisi senpi dan amunisi juga dicek oleh Propam pada pemeriksaan tersebut. Menurutnya, senjata api inventaris ini harus benar benar siap digunakan. Sehingga jika ada peristiwa urgent seperti kejahatan yang menggunakan senpi ataupun kegiatan pengamanan lainnya, petugas bisa menggnakannya di lapangan. (ads/humpolda-ksl)

192 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Check Also

Walikota Banjarmasin Kunjungi Lokasi TMMD ke-105 Kodim 1007/Bjm

BANJARMASIN, SuaraBorneo – Walikota Banjarmasin H Ibnu Sina melakukan kunjungan kerja ke lokasi TMMD ke …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.