Batam Kecamatan Cempaka Jadi Pioner Hidupkan Badamaran

image

SuaraBorneo.com. BANJARBARU – Masyarakat Banjar di bulan Ramadhan sejak dahulu ramai-ramai menyalakan obor terbuat dari bambu mengunakan minyak tanah didepan setiap rumah hingga kampung  terang benderang disebut dengan  Badadamaran di malam bulan Ramadhan. Tradisi urang bahari (orang dahulu)

Kebiasaan menyalakan lampu obor, atau penerangan apa saja di saat malam-malam Ramadhan yang disebut budaya Badadamaran merupakan budaya yang sudah turun temurun di dalam masyarakat  Banjar  Kalimantan Selatan khususnya lagi di kawasan Banua anam (enam) dan Martapura.

Namun tradisi Badamaran seiring kemajuan zaman yang kini zaman now, lama tak tampak kian ditinggalkan.  H AR Iwansyah pembina Ponpes Al-Fatih Wal’indad, menggagas untuk menghidupkan kembali tradisi Badamaran. Gagasan itu bak gabung bersambut oleh Dinas Pariwisata Banjarbaru, ujar H Syamsuri Barak pimpinan Ponpes.

“Ponpes Al-Fatih Wal’indad sebagai Pioner di Ramadhan ini menyemarakan Badamaran dari Desa Batu Ampar (Batam) Kecamatan Cempaka, yang kedepannya akan diperlombakan”, Ungkap Uwi Barak.

Seraya menjelaskan perlombaan Badamaran akan dinilai oleh Dinas Disparpura Banjar pada setiap Kelurahan-kelurahan yang pemenangnya akan mendapatkan penghargaan dan tropy dari Walikota Nadjmi Adhani.

Dengan dihidupkannya Badamaran di Kelurahan Batam, disambut senang oleh Ustadz Dailami, “Sebagai warga Banjarbaru tentu sangat senang dengan adanya tradisi Badamaran di aktifkan kembali, ibaratkan mengangkat Batang kayu yang lama terpendam dalam air”, katanya.

Sementara Ustadz Saifullah Pimpinan Ponpes, bahwa  Badamaran itu tidak hanya tradisi, tapi lebih dalam maknanya, “Terang benderangnya sebuah lingkungan pemukiman dengan Badamaran, para malaikat akan turun mengunjungi pada rumah-rumah yang menyalakan penerangan yang oleh masyarakat Banjar disebut Badamaran,” Kata Ustadz Saifullah mengutif yang disampaikan Habib Umar Bin Hasan Bahasyim. (aha-bjb)

Check Also

Harjad Polwan ke-70 dan HUT RI ke-73, Polwan Polres HST Gelar Olah Raga Bersama Masyarakat

BARABAI – Kegiatan olah raga bersama Polwan Polres HST dengan Masyarakat Kab. HST dalam rangka …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.