Jelang Lebaran, Walikota dan Forkopimda Telecomfrence dengan Kapolri

SuaraBorneo.com, BANJARMASIN – Walikota Banjarmasin H Ibnu Sina berserta jajaran Forkopimda Kota Banjarmasin mengikuti kegiatan Video Telecomfrence Operasi Kepolisian Terpusat, yang dilaksanakan di ruang Rupa Tama, Mapolresta Banjarmasin, Selasa (05/06) kemarin.


Dalam video teleconfrence yang terhubung langsung dengan Mabes Polri, Jakarta, itu, Kapolri, Jenderal (POL) Tito Karnavian yang memimpin langsung rapat tersebut menyebutkan menjelang Hari Raya Idul Fitri 1439 hijriah ini ada empat aspek yang harus terjaga stabilitasnya, diantaranya harga pangan, angkutan arus mudik, dan pengamanan terhadap gangguan terorisme.


Untuk masalah harga pangan, ia mengingatkan jajaran kementerian yang menangani masalah harga pangan, agar bisa melaksanakan langkah antisipasi terhadap kenaikan harga bahan pokok mulai H-7 nanti.


Sedangkan kegiatan arus mudik dan arus balik, Tito menegaskan kawasan terminal, baik terminal penumpang bus, atau terminal penumpang pesawat, semuanya harus bebas dari preman.


Bahkan, dengan tegas jenderal bintang empat ini menginstruksikan seluruh anggotanya yang mengetahui adanya pungli di kawasan terminal, agar langsung melakukan penangkapan terhadap pelakunya.


Untuk mengatasi hal-hal yang tidak diinginkan terhadap pemudik yang menggunakan kendaraan roda dua, Tito juga menyarankan, agar Pemda dan perusahaan swasta menyiapkan angkutan yang dapat digunakan para pemudik untuk pulang kampung.
Dalam rangka pengamanan terhadap gangguan terorisme, kembali ia meminta seluruh Pemda menghidupkan FKOB. 


Dan sebagai sarana untuk mendeteksi dini terhadap gangguan teror, diharapkan semua daerah di Indonesia menggunakan tiga pilar yang sudah tersedia, katanya, tiga pilar tersebut adalah para Babinsa, Babinkamtibmas dan para kepala desa. “ Mereka dikumpulkan dan diminta mengaktifkan kembali Siskamling. Sehingga sel-sel teroris yang tidak aktif bisa masuk dalam pengawasan tiga pilar ini,” katanya. 


Usai Video Teleconfrence, jajaran Forkopimda Kota Banjarmasin menindaklanjutinya dengan rapat Koordinasi Lintas Sektoral Dalam rangka Pengamanan Idul Fitri 1439 hijriah di wilayah Kota Banjarmasin. Rapat yang dipimpin Wakapolresta itu, dihadiri juga Plh Sekda KotaBanjarmasin H A Hamdi, sejumlah kepala SKPD terkait dan elemen masyarakat. (ad/humpro-bjm)

194 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Check Also

Waspada! lakukan Transaksi Jual Beli Online di Kalsel, 3 Orang Tertipu

BANJARMASIN, SuaraBorneo – Marak aplikasi jual beli online yang ada di berbagai aplikasi membuat semua …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.