Badamaran Jadi Agenda Tahunan Disporabudpar Banjarbaru

SuaraBorneo.com, BANJARBARU – Badamaran  kembali di angkat dari lamanya ditinggalkan, ibaratkan mengangkat Batang kayu yang lamw terindah dari sungai, kata Hidayaturahman Kepala Kantor Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (Disporabudpar) kota Banjarbaru. Adanya Gagasan dari Ponpes Al-Fatih Wal’imbad kelurahan Batu Ampar – Cempaka sebagai Pioner laksanakan festival Badamaran, pihaknya sangat mendukung dan menyambut baik pelaksanaan yang tujuan melestarikan tradisi urang bahari di tanah Banjar. Badamaran ini adalah tradisi urang Banjar yang dulu nya terbuat dari Batang bambu dan getah damar yang dimakan pada malam hari di muka rumah pada bulan Ramadhan.

Tradisi masyarakat urang Banjar ini sudah lama tidak terlihat lagi yang mukin seiiring dgn kemajuan zaman, jelas Hidayaturahman.

Untuk melestarikan Badamaran ini, Disporabudpar Banjarbaru mengadakan festival Badamaran yang di laksanakan di kelurahan Batu Ampar dari mulai malam selikuran hingga berakhirnya bulan Ramadhan.

Panitia, terutama tim Penilai selalu memantau untuk berikan penilaian yang nantinya akan di umumkan pada malam batamat tadarus Al-Quran di Ponpes Al-Fatih Wal’imbad. Juaranya, tambahnya akan diberikan hadiah dari Pemko Banjarbaru.

Festival Badamaran ini akan menjadi agenda tahunan dari Disporabudpar Banjarbaru, namun apakah nanti tiap kelurahan di kecamatan yang diagendakan,tergantung dari evaluasi nantinya, katanya menjelaskan. (aha-bjb)

Check Also

Presiden Jokowi, Menteri dan 24 Duta Besar Akan Hadiri HPN 2020 di Banjarmasin

BANJARMASIN, SuaraBorneo – Persiapan Hari Pers Nasional (HPN) 2020, puncak 9 Februari 2020, panitia pusat …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Off