Ribuan Jamaah Padati Haul ke 212 Syekh Muhammad Arsyad Al Banjary

SuaraBorneo.com, MARTAPURA – Haul ke 212 , Syekh Muhammad Arsyad Albanjari atau dikenal dengan Datu Kelampaan berlangsung Rabu (20/6/2018) ini dihadiri oleh ribuan warga masyarakat. Sempat diguyur hujan gerimis masyarakat tetap khusyu menghadiri haul ulama kenamaan Banua ini. Petugas gabungan pun melakukan pengamanan untuk memberikan pelayanan kepada para peserta haul.

Tendapun didirikan oleh panitian haul di sekitar lokasi. Kasatgas Opsda Ketupat Intan 2018 Kombes E Zulpan pun turun langsung melakukan pengecekan ke PAM Haul Syekh Muhammad Arsyad Albanjari di Desa Dalam Kecamatan Martapura Timur, Kabupaten Banjar. “Diperkirakan masyarakat jamaah yang hadir dalam haul ini sekitar 30 ribu orang,” papar E Zulpan

Tiap kali haul beliau, makamnya sering dipadati peziarah dari berbagai daerah. Datu Kelampayan adalah seorang ulama besar dari Kalimantan Selatan yang hidup di masa Kerajaan Banjar ratusan tahun silam.

Selain ada kuburan beliau di area makamnya di Desa Pelampayan Tengah, Kecamatan Astambul, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan, juga ada museum kecil di salah satu sudutnya. Museum atau pengelolanya disebut Perpustakaan Syekh Muhammad Arsyad Al-Banjari ini menyimpan berbagai benda bersejarah peninggalan sang ulama kharismatik ini.

Di antaranya adalah jubah, tongkat, peci, surban, peralatan menginang dan beberapa kitab karya beliau. Saat itu, jubah, peci dan surbannya tampak rapuh dan sangat tua. Maklum saja, karena usianya sudah ratusan tahun, namun benda-benda ini masih disimpan dan dilestarikan oleh para keturunan beliau yang mengelola museum tersebut. Sementara kitab-kitab yang ada di situ adalah kitab karya beliau bertulisan aksara suryani. (*/ad/bp)

226 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Check Also

Waspada! lakukan Transaksi Jual Beli Online di Kalsel, 3 Orang Tertipu

BANJARMASIN, SuaraBorneo – Marak aplikasi jual beli online yang ada di berbagai aplikasi membuat semua …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.