Kamis , Juli 19 2018

Akibat SDA Terkuras, Bukannya Kami Tutup Mata Tak Peduli

SuaraBorneo.com, BANJARMASIN – Kalimantan biasa dengan sebutan pulau Borneo khususnya di Kalimantan Selatan (Kalsel), memang dari zaman penjajahan merupakan penghasil Sumber Daya Alam (SDA) yang luar biasa mulai tambang emas, intan, kayu, lahan penanaman pohon sawit, sampai penghasil batu bara.

Untuk tambang emas memang sekarang susah ditemukan karena sudah habis digali, tambang intan masih berlangsung cuma faktor keberuntungan, karena kecil-kecil bentuknya, terkenal di dunia, kalo dulu sempat ditemukan intan Trisakti harganya mencapai milyaran bahkan dijual lagi triliun harga dulu, kalo sekarang ngak bisa dibayangkan, kemudian penghasil bermacam-macam jenis kayu dikirim sampai keluar pulau bahkan ke luar negeri, setelah habis dibabat, berlangsung kembali SDA yang dikeruk atau digali batu bara, dikirim sampai ke luar negeri.

Dari semua sumber alam itu, apa bukti dari kemajuan daerah penghasilnya, tidak ada sama sekali, masyarakat pribumi / banua (Kalsel) tidak menikmati, menunggu kehancuran alamnya.

Seperti sekarang dampak yang dialami di Angsana kabupaten Tanah Bumbu mengalami kebanjiran cuma akibat hujan deras menjadi langganan, karena hutan tempat penampungan air sudah habis dibabat dan dikeruk disebabkan alamnya sudah rusak.

“Mungkin alam sudah bosan melihat tingkah manusia yang semaunya membabat hutan dan mengeruk hasil bumi tanpa peduli menanam kembali serta tak pedulikan reklamasi,” ungkapan @Kastalani Ideris AR di akun facebooknya.

“Lebih parah lagi ada media online yang mengatakan kami para wartawan Kalsel seakan-akan menutup mata dan tidak peduli dengan keadaan alam kami, berpihak kepada pengusaha setelah mendapat sogokan atas kejadian yang menimpa meninggalnya wartawan Muhammad Yusuf, sebelum menyatakan itu semua lebih baik konfirmasi kepada kami wartawan di Kalsel jangan semuanya gue,” jelas salah satu wartawan media online di Kalsel. (ad-bjm)

Check Also

Membanggakan, Siswi SMAN 1 Kahayan Hilir Ini Akan Kibarkan Sang Saka di Istana

PULANG PISAU, SuaraBorneo.com – Banggalah Pulang Pisau memiliki Lili Alvia. Pelajar SMAN 1 Kahayan Hilir …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!